Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Banjir Bandang di Batu, PUPR Gercep Perlebar Alur Sungai

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 620 2500272 pasca-banjir-bandang-di-batu-pupr-gercep-perlebar-alur-sungai-WTm754Aqj4.jpg Menteri PUPR Basuki (Foto: Kementerian PUPR)
A A A

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau penanganan banjir bandang di Batu Malang, Provinsi Jawa Timur.

Menurut Menteri Basuki, banjir bandang yang terjadi dengan curah hujan tinggi tersebut disebabkan oleh daerah resapan air di hulu aliran Sungai Brantas yang sudah banyak berkurang. Sehingga terjadi sumbatan material sampah kayu pada aliran anak sungai.

"Saya monitor sejak dari kunjungan di luar negeri, bahwa tim Kementerian PUPR sudah menurunkan 11 alat excavator dan 13 dump truck untuk membersihkan area banjir bandang. Alhamdulillah sekarang sudah bersih," ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: Dana FLPP Dicairkan ke 170 Ribu Rumah

Sebagai langkah penanganan serta menghindari terulangnya kejadian banjir bandang, Menteri Basuki menginstruksikan untuk membersihkan dan memperlebar alur sungai dari titik kejadian di Kali Kricik, di sekitar Alas Bengking sampai dengan pertemuan/muara Sungai Brantas sepanjang 4 km, serta membangun check dam di daerah hulu.

"Penanganannya harus dimulai sekarang, karena kita menghadapi fenomena La Nina yang diprediksi puncak hujannya sampai Januari-Februari 2022. Saya minta dicek pakai drone, kalau ada sumbatan-sumbatan dibersihkan alurnya. Saya tunjuk BUMN Karya yang sedang bekerja di daerah sekitar sini untuk membantu penanganannya," sambungnya Menteri Basuki.

Baca Juga: Makin Numpuk, 230 Juta Penduduk Akan Tinggal di Perkotaan pada 2045

Selain itu Menteri Basuki juga akan melakukan relokasi rumah yang hilang/hanyut dan berisiko bahaya tinggi yang berada di sempadan sungai ke rumah khusus yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR di lahan desa yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Follow Berita Okezone di Google News

Menteri Basuki juga menyatakan akan bekerja sama dengan Pemkot Batu untuk memperbaiki utilitas (pipa air minum) dan penggantian jembatan yang rusak akibat banjir bandang dengan bentang yang lebih lebar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini