Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Dampak Negatif ketika Anak Makan Terlalu Banyak Makanan Manis

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 620 2500720 3-dampak-negatif-ketika-anak-makan-terlalu-banyak-makanan-manis-3KZoI7SaZV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK-ANAK memang gemar mengonsumsi makanan manis, baik itu cokelat, permen, manisan atau es krim. Sebenarnya mengonsumsi makanan yang kaya gula adalah wajar untuk anak-anak, lantaran aktivitas mereka yang sagnat tinggi.

Meski begitu, ada batasan untuk mengonsumsi gula setiap harinya. Pasalnya, seperti orang dewasa, anak-anak juga memiliki potensi untuk mengalami obesitas yang akan berbahaya pada kesehatan mereka.

Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK, menjelaskan, gula memiliki beberapa jenis, salah satunya ada Sukrosa atau yang lebih dikenal dengan gula pasir. Menurutnya, gula pasir menjadi salah satu energi untuk anak-anak bergerak.

Permen

Tapi, ketika anak mengonsumsi gula berlebihan dari kadar yang sudah ditentukan, dampak negatif pun akan membayangi anak tersebut. Para ibu wajib memahami hal apa saja yang akan terjadi jika anak dibiarkan mengonsumsi gula terlalu banyak.

Menganggu Tumbuh Kembang Anak

Umumnya jika anak-anak menyukai makanan manis tinggi gula, mereka akan menjadi kurang suka dengan makanan yang lebih sehat. Akhirnya, keseimbangan nutrisi jadi tidak optimal.

"Tinggi kalori tapi secara nutrisi dia tidak seimbang. Tentunya secara tidak langusng dalam jangka panjang hal ini akan menganggu sekali ke arah tumbuh kembang anak.

Obesitas

Dokter Putri menjelaskan bahwa konsumsi gula akan menghasilkan energi dan lemak. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa fruktosa dari pemecahan gula pasir akan diubah menjadi lemak. Jika anak mengonsumsi gula berlebihah, lemak akan menumpuk terus-menerus dan akhirnya menjadi obesitas. "Apalagi masa pandmei, geraknya kurang aktif di rumah, tapi asupannya tinggi gula" ujar dr. Putri.

Gigi Mudah Keropos

Para ibu tentu ingin anak tampil sehat dari ujung rambut hingga kaki termasuk memiliki gigi yang sehat. Untuk itulah perlu diperhatikan kadar gula yang masuk dalam tubuh anak. Kenapa? Asupan gula terlalu tinggi mampu merusak enamel gigi sehingga membuat gigi anak mudah keropos.

Jangan takut untuk mengonsumsi gula karena pada dasarnya tubuh juga memerlukan asupan gula. Hanya saja satu poin penting yang wajib diperhatikan adalah kadar gula yang masuk ke dalam tubuh. Segala sesuatu yang berlebihan tentunya akan berdampak buruk pada tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini