Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Kualitas SDM, Peluang Indonesia Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Dunia

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 620 2521518 tingkatkan-kualitas-sdm-peluang-indonesia-jadi-kekuatan-besar-ekonomi-dunia-NoeFV1kCIv.png Menaker soal Peningkatan Kualitas SDM (Foto: Dokumen Kemnaker)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara kekuatan ekonomi dunia. Di sektor ketenagakerjaan, tentu penyiapan dan peningkatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci.

Selain SDM berkualitas, Indonesia juga memiliki potensi lainnya, seperti kekayaan dan keberagaman. Poin-poin itulah yang ditunjukkan oleh Kemnaker dalam Expo Dubai 2020, beberapa waktu lalu, dengan mengusung tema The Future of Indonesian Labour.

"Ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai kekayaan, keragaman, dan potensi luar biasa sebagai kekuatan ekonomi dunia," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga: Wapres Butuh 100 Juta Tenaga Terampil Maksimalkan Potensi Bonus Demografi RI

Pembangunan SDM menjadi prioritas pemerintah. Dengan komitmen tersebut, diharapkan bisa melengkapi potensi yang telah ada, yakni banyaknya jumlah SDM yang ada di Indonesia.

Dirinya meyakini, penyiapan tenaga kerja berkualitas akan mendatangkan banyak keuntungan bagi negara, termasuk soal investasi. "Potensi ini akan menarik minat dunia untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya investasi dalam pembangunan SDM," ujar Ida.

Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan bahwa pemerintah ingin menunjukkan kepada dunia Indonesia sebagai The Land of Diversity. Yakni negata yang memiliki kekayaan dan keragaman.

Dengan adanya potensi-potensi tersebut, tentunya negara sangat membuka berbagai peluang dan kesempatan baru. Tentunya, ini semua juga akan disejalankan dengan penyiapan tenaga kerja. "Negara akan terus berinovasi untuk generasi yang akan datang," katanya.

Lebih lanjut Ida mengatakan, pengarusutamaan pemenuhan hak pekerjaan bagi tenaga kerja penyandang disabilitas menjadi isu yang tidak pernah lepas dari perhatian pemerintah. Semua pihak, khususnya dunia usaha, harus berkomitmen untuk memberikan akses dan kesempatan kerja bagi disabilitas.

"Kita juga harus terus meningkatkan kesadaran bahwa isu hak penyandang disabilitas merupakan isu lintas sektor yang penanganannya memerlukan kerja sama dan kolaborasi antar pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta, baik dipusat maupun di daerah," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini