Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Ekspor Perdana Pupuk Batu Bara ke AS

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 620 2544789 ri-ekspor-perdana-pupuk-batu-bara-ke-as-JZlaflsMhJ.jpg RI Ekspor Pupuk Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia berhasil mengekspor pupuk batu bara ke Amerika Serikat (AS) sebanyak 15 ton. Pupuk batu bara ini telah mendapatkan paten dari pemerintah AS pada tahun 2020.

"AS hanyalah salah satu negara yang mulai menggunakan pupuk batu bara," kata Direktur Utama Bursatani Global Niaga R Umar Hasan Saputra dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (9/2/2022).

Bahkan, kata pencipta pupuk batu bara ini, AS akan membangun pabrik pertamanya di Nevada pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Kembali Dibuka tapi Tidak untuk Perusahaan Ini

Pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai pihak lain untuk mengembangkan pupuk ini di seluruh dunia. Di samping AS, tahun ini rencananya akan dibangun pabrik pupuk batu bara di berbagai negara lain, seperti Vietnam, Australia, Turki, Kuwait dan Malawi di Afrika.

"Ekspor ke Amerika ini merupakan tonggak sejarah karena pupuk batu bara hasil karya anak bangsa telah diakui dunia dan digunakan di salah satu negara yang menjadi pusat pertanian dunia," tambah Ketua Umum FKDB Ayep Zaki yang juga mitra pembangunan pabrik pupuk batu bara yang pertama di Sukabumi.

Ketersediaan bahan baku pupuk konvensional di dunia berkurang dan akan akan habis, menjadikan pupuk jenis ini mulai langka dan mahal. Berbagai negara sudah menyadari bahwa kekurangan pasokan pupuk secara global akan menyebabkan terganggunya pasokan pangan dunia. Disinilah pupuk batubara akan menjadi solusi bagi semuanya.

Sementara itu, kelebihan pupuk batu bara lainnya selain memiliki kandungan unsur hara yang sangat lengkap yang dibutuhkan tanaman dan mengembalikan kesuburan tanah, pupuk ini pun dapat dibuat dalam waktu cepat dan masif dengan harga terjangkau.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini