Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai 10 Gejala Awal Alzheimer, Penyakit yang Dialami Dorce Gamalama Sebelum Meninggal

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 620 2548938 waspadai-10-gejala-awal-alzheimer-penyakit-yang-dialami-dorce-gamalama-sebelum-meninggal-tdrZJAH7mo.jpg Waspadai gejala awal Alzheimer (Foto: Healthline)

ARTIS Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu 16 Februari 2022. Dorce meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit karena terinfeksi Covid-19.

Sebelum itu, Dorce pun sempat bolak-balik masuk rumah sakit karena penyakit diabetes. Selain penyakit tersebut, rupanya Dorce juga pernah mengidap demensia alzheimer.

Dikutip dar situs Medicalnews Today, Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang menyerang otak dan sebagian besar dialami oleh masyarakat di usia tua. Sebanyak 60 sampai 80 alzheimer dapat menyebabkan gangguan kognitif pada manusia.

Dorce Gamalama

Gangguan kognitif yang terjadi biasanya adalah kepikunan, tidak mampu melakukan aktivitas fisik, dan hubungan sosial yang semakin memburuk.

BACA JUGA : Mengenal Alzheimer, Penyakit Diderita Dorce Sebelum Meninggal

Pada 2013, penderita alzheimer di Indonesia sebanyak satu juta orang. Diprediksi jumlah penderita alzheimer diprediksi akan meningkat sebanyak dua kali lipat pada 2030 dan akan melonjak hingga empat kali lipat pada 2050.

BACA JUGA : Kiat Perlambat Risiko Demensia Jelang Usia Lansia

Tentunya alzheimer bisa dideteksi sejak dini dengen mengetahui gejala-gejala awalnya. Berikut 10 gejala umum demensia alzheimer yang bisa dikenali sejak dini.

1. Mengalami gangguan daya ingat

Pikun

Seseorang akan mengalami kelupaan yang sifatnya permanen. Seseorang yang mengalami lupa biasa akan membutuhkan waktu untuk mampu mengingat sesuatu, namun orang demensia tidak akan bisa mengingat sesuatu meskipun sudah berusaha.

2. Sulit fokus

Sulit fokus dalam melakukan kegiatan bisa menjadi gejala awal demensia. Sebaiknya periksakan kondisi ini kepada ahlinya sebelum bertambah parah.

3. Sulit melakukan kegiatan familiar

Masih ada kaitannya dengan sulit fokus. Seseorang akan merasa kesulitan dalam melakukan suatu hal meskipun kegiatan itu sudah sering mereka lakukan sehari-hari.

4. Disorientasi

Hal sederhana yang sering terjadi adalah merasa bingung akan waktu seperti tanggal, hari-hari penting. Bingung di mana mereka berada dan bagaimana mereka bisa berada di sana dan yang paling parah tidak mengetahui kemana jalan pulang.

5. Kesulitan mengalami visuo spasial

Kesulitan untuk membaca, mengukur jarak, membedakan warna, serta membedakan beberapa benda seperti sendok dan garpu. Pada tahap yang lebih parah seseorang bahkan tidak mampu mengenal wajahnya sendiri saat berada di hadapan cermin.

6. Gangguan berkomunikasi

Demensia

Kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat untuk mengatakan sesuatu juga bisa mengindikasikan gejala demensia.

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Lupa di mana meletakan sesuatu bisa mengindikasikan gejala awal demensia. Biasanya kondisi ini diikuti dengan perasaan curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

8. Salah membuat keputusan

Berpakaian tidak serasi, memakai kaus kaki tidak sama antara yang kiri dan kanan bisa menjadi gejala demensia lainnya.

9. Menarik diri dari pergaulan

Tidak memiliki semangat atau insentif untuk melakukan aktivitas. Atau merasa tidak terlalu semangat untuk pergi bersosialisasi.

10. Perubahan perilaku dan kepribadian

Ini menjadi salah satu hal yang terlihat cukup jelas bagi para pengidap demensia. Merasa curiga, ketakutan atau bergantung pada orang lain bisa menjadi ciri utamanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini