Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pekan Sarapan Nasional: Penuhi Kebutuhan Gizi Anak, Cegah Stunting

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 620 2549479 pekan-sarapan-nasional-penuhi-kebutuhan-gizi-anak-cegah-stunting-LSKK1utc2Z.jpg Sarapan penting bagi pertumbuhan anak (Foto: Timesofindia)

SETIAP tanggal 14-20 Februari diperingati Pekan Sarapan Nasional. Diperingati untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya sarapan, terutama bagi anak-anak.

Perlu diketahui memberikan anak sarapan menjadi sangat penting untuk perkembangannya. Setiap harinya, anak membutuhkan sekitar 1.500 kalori dengan kandungan karbohidrat, protein dan lemak baik di setiap sarapannya.

“Padahal anak usia sekolah membutuhkan 1.550 kalori per hari, mulai dari karbohidrat, protein, hingga lemak, yang mengandung omega 3 dan 6 serta vitamin, mineral dan juga serat mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak. Jika ini tidak terpenuhi akan berdampak pada pertumbuhan, status gizi hingga penyerapan ilmu di sekolah,” jelas Dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK, Spesialis Gizi Klinik dalam Virtual Press Conference Sarapan Berisi Blue Band, pada Kamis (17/2/2022).

Anak Sarapan

Untuk itu, menu sarapan yang baik mengandung sedikitnya 15% dari kebutuhan gizi. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar pada 2013, sebesar 44,6% anak Indonesia mengonsumsi sarapan dengan asupan gizi kurang dari 15% total kebutuhan energi. Bahkan 26.1% anak hanya minum teh, air putih, atau susu saja untuk sarapan.

BACA JUGA : Pekan Sarapan Nasional: Pentingnya Omega 3 & 6 bagi Perkembangan Otak Anak

Dalam kesempatan yang sama Kepala Sekolah SDN Pondok Pinang 10, mengatakan selama menjadi guru, ia bisa melihat perbedaan peserta didik yang terbiasa sarapan dan tidak. Menurutnya, anak didik dapat lebih aktif berkegiatan karena kebiasaan sehat di pagi hari yaitu sarapan.

"Kesehatan dan konsentrasi belajar anak turut menjadi perhatian penting pihak sekolah terlebih saat ini proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (online). Dengan program Sarapan Berisi anak didik akan lebih terjaga kesehatannya dan dapat lebih aktif berkegiatan berkat kebiasaan sarapan pagi yang sehat,” kata Percaya, Kepala Sekolah SDN Pondok Pinang 10.

BACA JUGA : Parah, 60 Persen Anak Indonesia Punya Kebiasaan Buruk Sarapan!

Melihat betapa pentingnya sarapan bagi anak-anak, dalam mendukung Pekan Sarapan Nasional yang merupakan program dari Pemerintah. Blue Band hadir untuk memenuhi gizi anak-anak sebelum bersekolah.

“Dalam Pekan Sarapan Nasional 2022, Blue Band ingin mengajak dan menginspirasi anak-anak Indonesia agar sadar akan pentingnya sarapan sehat dan juga kebutuhan nutrisi yang tercukupi, sehingga anak dapat tumbuh sehat, bahagia sekaligus ikut memerangi isu stunting melalui program Sarapan Berisi bersama Blue Band.” kata Direktur Marketing Blue Band, Wilya Suwito

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini