Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dianggap Tidak Peduli Keadaan Negara, Eks Kapten Timnas Ukraina Ini Terancam Dijatuhi Sanksi Berat

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2022 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 620 2560072 dianggap-tidak-peduli-keadaan-negara-eks-kapten-timnas-ukraina-ini-terancam-dijatuhi-sanksi-berat-1lQJhXM9Kz.jpg Anatoliy Tymoshchuk, eks pemain Timnas Ukraina akan dijatuhi sanski oleh UAF (Foto: Reuters)

MANTAN kapten Ukraina, Anatoliy Tymoshchuk, terancam dijatuhi sanksi berat oleh Federasi Sepakbola Ukraina (UAF), karena dianggap acuh terhadap kondisi negara. Menurut kabar yang beredar, eks pemain Bayern Munich itu memilih bungkam, ketika negaranya mendapat serangan militer dari Rusia.

Diketahui saat ini Tymoshchuk memang bekerja sebagai asisten pelatih tim asal Rusia yaitu Zenit St. Petersburg. Namun, UAF menyayangkan, Tymoshchuk tidak membuka suara terkait invasi militer Rusia ke negaranya.

Timnas Ukraina

Padahal, Tymoshchuk telah menjalani 144 pertandingan bersama Timnas Ukraina. Namun, ia memilih bungkam dan dianggap tidak peduli dengan kondisi yang sedang menimpa negaranya.

Sikap acuhnya itu membuat UAF geram. Pihak federasi mengklaim Tymoshchuk telah merusak citra sepakbola Ukraina.

Oleh sebab itu, UAF akan memberikan sanksi kepada eks gelandang berusia 42 tahun tersebut. Sanksi akan diberikan antara lain, menghilangkan rekor dan gelar kehormatan selama dia berkarir sebagai pesepak bola profesionalnya untuk Ukraina.

“Sejak awal agresi militer Rusia terhadap Ukraina, Tymoshchuk, mantan kapten tim nasional Ukraina, tidak membuat pernyataan apapun ke publik dalam hal ini terkait invasi militer Rusia. Dia juga tidak menghentikan kerjasamanya dengan klub asal Rusia,” bunyi pernyataan UAF, dikutip dari Metro, Kamis (10/3/2022).

Lebih lanjut, Tymoshchuk dianggap telah melanggar kode etik dan peraturan fair play. UAF juga meminta dengan tegas kepada mantan pemain timnasnya itu untuk mengembalikan semua medali bersama Ukraina dan mencopot lisensi kepelatihan UEFA Pro yang ia punya.

Timnas Ukraina

“Pada saat mantan klubnya, Bayern Munich, menerbitkan pernyataan dan mengadakan rapat umum untuk mendukung Ukraina, Tymoshchuk terus diam dan bekerja untuk klub Rusia,” lanjut pernyataan itu.

“Dengan membuat pilihan sadar ini, Tymoshchuk merusak citra sepakbola Ukraina dan melanggar Klausul 1.4. Bagian 1 dari Kode Etik dan Fair Play UAF,” tutup pernyataan UAF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini