Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Incar Pendapatan Rp500 Miliar dari MotoGP Mandalika

Athika Rahma, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 19 620 2564447 pemerintah-incar-pendapatan-rp500-miliar-dari-motogp-mandalika-6B2zh4swHd.jpg Pemerintah targetkan pendapatan Rp500 miliar dari MotoGP (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah menargetkan gelaran MotoGP 2022 menghasilkan pendapatan sebesar Rp500 miliar. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa mengatakan, MotoGP 2022 memberikan efek domino yang tidak hanya dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

"Yang langsung Rp500 miliar, kita harap bisa langsung masuk, tapi belum kita hitung secara detil lagi. Itu saat event berlangsung," ungkapnya dalam webinar Polemik MNC Trijaya, Sabtu (19/3/2022).

Rizki mengatakan, pihaknya fokus menggaet turis domestik untuk menyaksikan event akbar ini. Menurutnya, turis domestik tidak kalah potensial dibandingkan turis asing.

"Karena kalau kita lihat kan kemarin MotoGP di Sepang saja banyak sekali orang Indonesia yang nonton. Nah, di Mandalika juga harusnya kita bisa," turunya.

Tidak cuma pendapatan secara langsung, digelarnya MotoGP juga memberikan efek tidak langsung yang berkaitan dengan nama baik Indonesia di kancah dunia hingga mengembangkan sport tourism di Indonesia.

Menurutnya, sport tourism memiliki konsep yang berbeda dari sekadar menggelar event olahraga baik nasional maupun internasional.

"Kalau sport event, itu seperti sekarang, orang-orang datang ke Mandalika untuk nonton MotoGP. Nah, ke depannya kita ingin agar orang-orang datang ke Mandalika itu untuk olahraga, karena alamnya yang indah, sehat," ujarnya.

Diharapkan, event olahraga lain terus diselenggarakan di Indonesia sehingga sport tourism ini berkembang dengan sendirinya.

"Dan kami harap juga nanti ke depan partisipasi swasta akan semakin besar, kalau sekarang kan (dikelola) oleh BUMN yaitu ITDC yang memang mengelola Mandalika," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini