Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Surat Suara untuk Pemilu 2024 Disederhanakan, KPU Lakukan Simulasi

Felldy Utama, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 620 2565667 surat-suara-untuk-pemilu-2024-disederhanakan-kpu-lakukan-simulasi-pv3gWAr4x6.jpg Komisioner KPU Evi Novida Ginting. (Foto: Felldy U/MPI)

JAKARTA - Simulasi penyederhanaan surat suara dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Simulasi ini digelar di halaman kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

"Jadi kami ingin sekali mengetahui bagaimana kesan bapak ibu sekalian terhadap penyederhanaan surat suara yang sudah kita siapkan," kata Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik dalam sambutannya, Selasa (22/3/2022).

Dalam simulasi ini, KPU menyediakan dua tempat pemungutan suara (TPS). Dimana, TPS pertama, digunakan untuk simulasi 3 model surat suara. Sementara, di TPS kedua digunakan untuk simulasi 2 lembar surat suara.

Evi menyampaikan bahwa dalam simulasi ini, KPU mencoba mendesain ulang surat suara yang semula lima lembar pada pemilu 2019, kemudian disederhanakan dengan cara menggabungkan beberapa pemilu menjadi satu lembar 1-2 lembar surat suara dan 3 lembar surat suara.

"Jadi kita sudah memulai langkah-langkah kajian ini di tahun 2021," ujarnya.

Penyederhanaan surat suara ini, kata dia, tentu diharapkan memberikan dampak efisiensi penggunaan kertas dan anggaran dalam penyelenggaraan Pemilu. Sehingga, Pemilu ke depan menjadi pemilu yang murah, pemilu yang mudah dalam memberikan suara, pemilu yang cepat dalam proses pemungutan suara dan penghitungan suaranya, serya transparansi dan akuntabilitasnya tetap terjaga.

"Inilah tujuan dari penyederhanaan surat suara. Mudah-mudahan tujuan KPU ini akan menjadi wacana ataupun menjadi satu pemikiran kita untuk bisa menyelenggarakan pemilu yang lebih efisien dan efektif," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini