Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertagas Pasok Gas ke Pabrik Minyak Goreng

Antara, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 620 2566480 pertagas-pasok-gas-ke-pabrik-minyak-goreng-W4W3DsEsIY.jpg Pertagas Pasok Gas Bumi ke Pabrik Minyak Goreng (Foto: Dokumen Subholding Gas)
A A A

JAKARTA - PT Pertagas Niaga, sebagai bagian dari Subholding Gas PT Pertamina (Persero) memasok gas bumi ke pabrik minyak goreng PT Tunas Baru Lampung di Palembang, Sumatera Selatan, sebagai upaya mendukung pemanfaatan energi bersih.

Pertagas mengalirkan gas bumi sebesar 0,267 BBTUD ke Tunas Baru Lampung untuk bahan bakar burner sebagai pengganti bahan bakar sebelumnya, sehingga menjadi lebih bersih dan ramah lingkungan.

Dirut Pertagas Niaga Aminuddin mengatakan pengaliran gas ke Tunas Baru merupakan sinergi Subholding Gas Grup antara Pertagas Niaga dan PT Pertamina Gas sebagai pemilik infrastruktur pipa gas transmisi dan distribusi.

BACA JUGA: PGN dan PIM Kembangkan Hilirisasi Gas Bumi, seperti Apa? 

Gas bumi untuk Tunas Baru Lampung tersebut diperoleh dari lapangan gas di wilayah Sumatera Selatan.

"Sumber gas di Sumatera Selatan begitu melimpah, kami optimistis gas alam ini menjamin kestabilan suplai energi, sehingga juga mampu mendukung pertumbuhan industri di Sumatera Selatan dan sekitarnya," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Menurut dia, gas bumi merupakan energi fosil ramah lingkungan yang menjadi jembatan transisi energi karena rendah emisi dan memiliki kalori yang lebih tinggi.

Aminuddin juga mengharapkan pemanfaatan gas bumi bisa memberikan keyakinan bagi industri lainnya untuk beranjak ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Pengaliran gas ke Tunas Baru ini juga merupakan hadiah bagi ulang tahun PTGN yang genap berusia 12 tahun.

"Kami sangat mengapresiasi Tunas Baru Lampung sebagai industri yang memiliki kesadaran untuk menggunakan gas alam sebagai energi bersih dan menciptakan efisiensi. Ini juga sejalan dengan tekad Subholding Gas Pertamina yang siap mengiringi proses transisi energi," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Guna memenuhi kebutuhan energi bagi industri di Sumatera Selatan, lanjut Aminuddin, Pertagas Niaga menyuplai gas bumi baik melalui jaringan pipa maupun gas terkompresi (compressed natural gas/CNG).

Dengan total penyaluran gas sebesar 2,6 BBTUD, konsumen industri Pertagas Niaga antara lain industri keramik dan pabrik makanan.

Selain itu, Pertagas Niaga juga melayani puluhan ribu pelanggan jaringan gas kota yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Selatan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini