Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Nasib Aplikasi PeduliLindungi Jika Pandemi Sudah Jadi Endemi?

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 620 2567808 bagaimana-nasib-aplikasi-pedulilindungi-jika-pandemi-sudah-jadi-endemi-oJ2XDGXe7m.jpg Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Okezone)
A A A

SAAT ini aplikasi PeduliLindungi memang digunakan sebagai screening sekaligus tracing seseorang. Keberadaan aplikasi ini dimaksud agar mudah memantau jika seseorang terpapar Covid-19.

Lantas, bagaimana jika situasi sudah kembali membaik. Ketika pandemi sudah diubah menjadi endemi, apakah aplikasi PeduliLindungi masih diperlukan?

"PL (PeduliLindungi) menjadi aplikasi yang nanti kedepan berfungsi sebagai citizen health," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid kepada MNC Portal.

Lebih lanjut dr Nadia mengatakan, aplikasi PeduliLindungi tidak akan diganti dengan aplikasi baru. Hanya saja fitur-fiturnya diperbarui berdasarkan situasinya. Sehingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi bisa jadi Citizen Health (aplikasi sehat masyarakat).

"ini platform aplikasi ke depan akan terus digunakan dan dapat berkembang menjadi seperti citizen health," jelasnya

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, informasi adanya aplikasi Citizen Health dipaparkan oleh Setiaji, Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (DTO Kemenkes), di acara Health Innovation Sprint Accelerator 2022 Demo Day.

Sehingga dr Nadia meluruskan bahwa dalam paparan kala itu, dimaksudkan sebagai adanya fitur baru. Rencananya akan dikembangkan sehingga bisa digunakan oleh masyarakat dikala situasi sudah membaik atau bisa hidup berdampingan dengan virus Covid-19.

"Jadi mungkin maksud pak setiaji bukan apliaksi PL -nya diganti tapi featurenya akan berubah. Dengan menyesuaikan situasi pasca pandemi ada beberapa feature yang sudah tidak dimanfaatkan kembali," sambung dr Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini