Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada RSOJ, Erick Thohir: Masyarakat Tak Perlu Lagi Berobat ke Luar Negeri

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 620 2570544 ada-rsoj-erick-thohir-masyarakat-tak-perlu-lagi-berobat-ke-luar-negeri-55KJG31djz.jpg Erick Thohir soal RSOJ (Foto: Dokumentasi KBUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, dengan kehadiran Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan memudahkan masyarakat untuk berobat.

"Dengan adanya rumah sakit ini, keluarga kita yang berada di Indonesia Timur tidak perlu lagi harus melakukan perjalanan ke pulau Jawa untuk memperoleh pelayanan otak dan jantung," ujar Erick Thohir dalam peresmian RSOJ, Rabu (30/3/2022).

Erick juga memastikan BUMN terus berkomitmen memperbaiki sektor kesehatan dengan menghadirkan pelayanan kesehatan dengan standar terbaik. Erick mencatat sekitar 600.000 masyarakat Indonesia selama ini berobat ke luar negeri, angka ini mengalami penurunan drastis lantaran adanya pandemi.

"Ini harus menjadi momentum bagi kita dalam memperbaiki standar pelayanan kesehatan agar masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri," katanya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kehilangan Rp97 Triliun Gara-Gara Masyarakat Berobat ke Luar Negeri

Dia mengapresiasi kerja keras holding rumah sakit (RS) BUMN, Pertamedika IHC, yang berhasil menuntaskan pembangunan RSOJ pertama di Indonesia Timur dengan nama Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya.

"Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya merupakan langkah besar Pertamedika IHC sebagai holding RS BUMN dalam meningkatkan ketahanan kesehatan nasional dengan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia Timur," ujarnya.

Erick mengatakan pembangunan rumah sakit dengan standar pelayanan dan fasilitasnya bertipe B ini diselesaikan dalam waktu 8 bulan sejak Juli 2021. RSOJ ini, ucap Erick, menempati lahan seluas 5.705 meter persegi dengan luas bangunan 11.389 meter persegi yang terdiri dari satu bangunan utama dan satu bangunan pendukung.

Erick mengatakan RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya berada di lokasi strategis yang merupakan daerah pengembangan baru kota Makassar dan berjarak hanya sekitar 8 Kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Hal ini semakin memberikan kemudahan bagi berbagai lapisan masyarakat baik dari dalam maupun luar negeri untuk datang berobat," kata dia.

Selain di Makassar, Erick berencana mendirikan RSOJ di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Meski begitu, dia akan melihat lokasinya terlebih dahulu sebelum merealisasikan pembangunan RS otak dan jantung tersebut.

Sementara itu, Erick Thohir juga menyinggung soal progres dari vaksin BUMN buatan dalam negeri yang akan segera hadir menjadi salah satu solusi mengatasi COVID-19.

Vaksin BUMN ini merupakan trobosan pemerintah Indonesia untuk bisa melawan virus dengan memproduksi vaksin COVID-19 dalam negeri. Adalah Vaksin BUMN yang dikembangkan holding BUMN farmasi, PT Biofarma (Persero).

Erick Thohir menambahkan bahwa pihaknya terus fokus untuk mengembangkan vaksin melalui Biofarma. Tak hanya vaksin COVID-19 saja, tetapi juga yang lainnya. Namun melihat kondisi saat ini, COVID-19 tetap jadi momok. Untuk bisa meredam penularan COVID-19 agar tak masif, vaksin BUMN menjadi salah satu jawaban.

"Biofarma, sebagai BUMN yang berfokus pada teknologi bioscience, saat ini terus mengembangkan berbagai vaksin di mana salah satunya adalah vaksin untuk COVID-19," ujar Erick.

Dalam progresnya, Vaksin BUMN tengah dalam proses uji klinis. Bahkan sudah masuk di daftar kandidat vaksin yang dirilis World Health Organization (WHO).

Erick Thohir menambahkan, vaksin BUMN nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia yang kemungkinan bakal dirilis pada pertengahan tahun 2022 ini.

"Vaksin yang dinamakan vaksin BUMN ini sedang dalam proses uji klinis dan diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia pada pertengahan tahun ini. Ini bukti nyata, pemerintah menghadirkan vaksin yang aman, bermutu dan efektif, " jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini