Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Sehat Mudik Lebaran, Salah Satunya Sedia Cokelat

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 620 2587656 5-tips-sehat-mudik-lebaran-salah-satunya-sedia-cokelat-sIs1fHRO61.jpg Ilustrasi Mudik Lebaran. (Foto: Shutterstock)

MUDIK lebaran tahun ini memang terasa spesial, setelah dua tahun belakangan kita tidak boleh pulang saat Lebaran demi menekan persebaran virus Covid-19. Tidak heran jika kemacetan pun terjadi dimana-mana, terutama pada jalur mudik.

Tentu pemudik mudah merasakan kelelahan hingga terganggu kesehatannya. Lantas bagaimana cara tetap sehat selama perjalanan mudik Lebaran? Ini penjelasan dari dokter kesehatan.

Menurut Dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan, bila ada 5 cara agar tetap sehat selama perjalanan mudik lebaran dari asupan air minum hingga istirahat.

Makanan 4 Sehat dan 5 Sempurna

Selama perjalanan mudik lebaran, dokter Fajri mengingatkan bagi pemudik tetap memperhatikan asupan sehat, seperti kala sarapan/sahur, makan siang hingga malam.

"Sebenarnya 4 sehat dan 5 sempurna sudah cukup menjaga kesehatan karena ini hal penting," ujar Dr. Fajri kepada MNC Portal.

Beristirahat atau Bergerak

Selama perjalanan 3-4 jam lamanya, pemudik diharapkan berhenti di rest area untuk beristirahat atau sekadar melakukan peregangan badan. Guna menjaga sirkulasi darah dalam tidak terhambat.

"Kalau kelamaan diperjalanan nggak bergerak atau beristirahat bisa menggangu kesehatan, seperti penggumpalan/pembekuan darah di kaki," jelasnya

Menjaga Asupan Air Minum

Selama perjalanan mudik lebaran yang jarak tempuhnya berkilo-kilo jam maka membuat seseorang, mudah merasakan haus hingga terganggu konsentrasinya. Dengan itu, dokter Fajri mengimbau agar tetap menjaga asupan air minum, meski harus sering berhenti dianggap tak masalah.

"Tidak masalah bila harus sering berhenti karena banyak minum air putih, sebab banyak rest area. Sebaiknya tetap menjaga asupan air minum agar tidak dehidrasi," katanya.

Makan Cokelat

Salah satu pemicu meningkatkan kesehatan dengan menjaga mood tetap stabil. Seperti bisa mengonsumsi manis kaya cokelat, namun tidak secara berlebihan.

Menurut dokter Fajri konsumsi cokelat selama perjalanan mudik lebaran termasuk upaya menjaga mood dengan tetap sehat, dengan syarat cokelat murni dan tidak berlebihan. "Berlebihan mampu meningkatkan ga darah (ganggu kesehatan)," katanya

Meminum Suplemen atau Vitamin

Bagi pemudik yang melakukan mudik perjalanan memang sangat disarankan tetap meminum suplemen atau vitamin. Sebagai penunjang kesehatan agar cakupan vitamin tetap terjaga, disamping asupan sehat.

"Diperbolehkan meminum suplemen (C.D,dll), namun tidak mengonsumsi secara berlebih disesuaikan dengan petunjuk obat atau kebutuhan," ucap Dr. Fajri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini