Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hepatitis Misterius Disebut karena Vaksin Covid-19, Kemenkes: Tidak Benar, Hanya Bersamaan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 08 Mei 2022 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 08 620 2590745 hepatitis-misterius-disebut-karena-vaksin-covid-19-kemenkes-tidak-benar-hanya-bersamaan-61mEb7B9jS.jpeg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT hepatitis misterius atau hepatitis akut yang menyerang anak-anak memang telah menyebabkan 3 orang meninggal dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun sudah memberikan peringatan terkait penyakit Hepatitis misterius tersebut.

Meski sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya, namun muncul rumor bahwa hepatitis akut tersebut disebabkan oleh vaksinasi Covid-19. Terkait ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pun membantah dengan tegas.

“Benarkah Hepatitis Akut disebabkan oleh Vaksinasi Covid-19? Tidak benar!” demikian pernyataan Kemenkes RI dikutip dari Twitter resminya, Minggu (8/5/2022).

BACA JUGA:IDAI Ungkap Fakta Lain Kasus Hepatitis Misterius: Kebanyakan yang Kena Bekum Divaksin Covid-19

Lewat pernyataan tersebut, Kemenkes RI menegaskan bahwa tidak ada kaitannya antara vaksinasi Covid-19 dan hepatitis akut. “Sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan antara keduanya, melainkan adanya kejadian yang bersamaan,” cuitnya.

Beberapa waktu lalu, Lead Scientist untuk kasus ini, Prof dr Hanifah Oswari, SpA(K) juga mengungkapkan hal serupa. “Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19 itu tidak benar,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa sampai saat ini juga belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit hepatitis akut dengan virus Covid-19. Dia menduga bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dan sebagainya. 

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini