Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Kandang Persib Bandung, Stadion Gelora Bandung Lautan Api Disebut Layak Dikelola Swasta

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 620 2592608 jadi-kandang-persib-bandung-stadion-gelora-bandung-lautan-api-disebut-layak-dikelola-swasta-IfWQrA4FlK.jpg Stadion Gelora Bandung Lautan Api disebut layak dikelola swasta (Foto: Istimewa)
A A A

STADION Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dikabarkan akan jadi kandang utama Persib Bandung. Sebab demikian, salah satu anggota DPR RI, Muhammad Farhan menyebut pengelolaan layak dipegang oleh pihak swasta.

Seperti diketahui, stadion yang berlokasi di kawasan Gedebage, Kota Bandung itu bakal dikelola pihak swasta dengan masa kerja sama selama 30 tahun. Selain menjadi home base Persib Bandung, Stadion GBLA juga diproyeksikan menjadi kawasan sport tourism center.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Menurut anggota DPR RI, Muhammad Farhan, pengelolaan Stadion GBLA oleh pihak swasta sebagai jalan terbaik, agar stadion yang kini tak terurus itu tidak menjadi aset mangkrak. Namun, kata Farhan, langkah tersebut jangan sampai blunder, apalagi menjadi lahan korupsi.

"Pengelolaan GBLA oleh swasta jadi solusi terbaik bagi semua pihak. Kita harapkan, Pemkot Bandung akan mendapat jaminan PAD, masyarakat diberdayakan, dan Persib Bandung memiliki kepastian home base," jelas Muhammad Farhan.

Muhammad Farhan menilai, kejelasan regulasi bagi mitra pengelola Stadion GBLA harus tegas. Diketahui, saat ini, proses lelang kerja sama pengelolaan (KSP) Stadion GBLA dengan pihak ketiga sebagian besar telah ditempuh.

"Hal terpenting adalah dasar hukum yang kuat untuk pengelolaan BMD (barang milik daerah) Pemkot Bandung oleh swasta. Artinya, kita pastikan semua pihak memiliki kepatuhan pada dasar hukum dan prosedur yang benar," tutur Muhammad Farhan.

Muhammad Farhan pun mengingatkan, bahwa pengelolaan Stadion GBLA secara profesional mutlak diperlukan. Terutama kejelasan bagi Persib Bandung terkait hak penggunaan Stadion GBLA.

"Tentu saja (mutlak) dan menurut saya yang paling cocok tentu saja PT Persib Bandung Bermartabat. Saat ini, Persib bisa menggunakan stadion dengan membayar sewa setiap kali menggunakan GBLA," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Di tempat terpisah, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis Stadion GBLA yang lama terbengkalai bisa digunakan secepatnya. Hal itu mengacu pada proses lelang KSP Stadion GBLA dengan pihak ketiga yang kini sebagian besar telah ditempuh.

Persib Bandung

(Tim Persib Bandung akan jadikan Stadion GBLA jadi Home Base musim depan)

"Saat ini banyak proses (lelang) yang domainnya ada di kita," ujar Yana.

Nantinya, kata Yana, Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan pihak ketiga. Sistem KSP dalam pengelolaan Stadion GBLA dengan durasi kerja sama selama 30 tahun.

Mengacu pada ketentuan Pemendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, ada sejumlah regulasi yang mesti diikuti Pemkot Bandung. Namun, Yana menyebut, saat ini rangkaian prosesnya telah dilewati.

"Saat ini sudah hampir memasuki tahap pemilihan mitra untuk penyelenggaraan KSP," katanya.

Sementara itu, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar pun optimis, jika dikelola swasta, Stadion GBLA bisa layak digunakan. Apalagi, bakal dipakai untuk kandang Persib Bandung di Liga 1 2022-2023.

"Semoga proses (pengerjaan sampai perbaikannya) berjalan lancar dan enggak ada pihak yang dirugikan. Saya percaya sama Pak Wali Kota. Dia bobotoh dan dia cinta sepak bola terutama Persib," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini