Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RUU PDP dan KUHP Jadi Prioritas DPR di Masa Sidang Kali Ini

Carlos Roy Fajarta, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 620 2595308 ruu-pdp-dan-kuhp-jadi-prioritas-dpr-di-masa-sidang-kali-ini-8kq9RUR0XX.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) dan RUU KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) menjadi dua tugas legislasi prioritas dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dalam masa persidangan V yang akan berlangsung 17 Mei - 7 Juli 2022.

"Ada sejumlah RUU tingkat satu untuk diparipurnakan, dan salah satunya yang prioritas adalah RUU PDP," ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat memberikan pernyataan kepada awak media di Kompleks Parlemen MPR/DPR/DPD di Senayan Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Dia mengungkapkan, terakhir sudah ada kesepakatan antara pimpinan Komisi I DPR dan pihak pemerintah tentang lembaga terkait dalam RUU PDP.

"Oleh karena itu dalam masa sidang ini akan kita maksimalkan agar RUU PDP bisa disahkan menjadi UU," jelas Sufmi Dasco.

Sedangkan terkait RUU KUHP yang cukup menjadi sorotan publik karena sejumlah hal yang kontroversial, Sufmi Dasco menyebutkan hal tersebut masih harus dibicarakan ke Komisi teknis yang melakukan pembahasan.

"Kalau RUU KUHP nanti saya harus cek dulu ke komisi teknis terkait dalam hal ini Komisi III DPR RI. Karena kalau misalkan pemerintah (Wamenkumham) bilang di Juni 2022 sudah dapat disahkan, inikan sudah Mei, lalu Juni waktunya terlalu mepet saya pikir," jelas Sufmi Dasco.

Namun demikian terkait pembahasan kedua RUU tersebut Sufmi Dasco amat tergantung dengan pembahasan di komisi teknis terkait.

"Tetapi itu tergantung komisi teknis yang akan melakukan pembahasan. Soal perubahan draft itu nanti harus di cek ke komisi teknis, karena saya tidak terlalu mengikuti," tutup Sufmi Dasco Ahmad.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, rapat paripurna pembukaan masa persidangan V DPR dilaksanakan pada Selasa (17/5/2022) dengan agenda tunggal pembacaan pidato Ketua DPR RI Puan Maharani yang dibacakan di mimbar Ruang Rapat Paripurna oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini