Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Latsarmil Komcad Matra Udara Diikuti 500 Orang, Prabowo: Memadukan Kekuatan Pertahanan Militer dan Nonmiliter!

Riezky Maulana, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 620 2603013 latsarmil-komcad-matra-udara-diikuti-500-orang-prabowo-memadukan-kekuatan-pertahanan-militer-dan-nonmiliter-DjMGSXGKpA.jpg Latsarmil Komcad Haneg Matra Udara 2022. (Foto: Riezky M/MPI)
A A A

JAKARTA - Upacara pembukaan Pelatihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Komcad Haneg) Matra Udara Tahun 2022 dilakukan di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Lanud Sulaiman, Margahayu Bandung, Senin (30/5/2022).

Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan Kementerian Pertahan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha membuka pelatihan ini, mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, ditandai penyematan tanda peserta latihan.

Prabowo mengatakan, Komcad merupakan subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini. Menurut dia, melalui penyiapan awal, maka saat dibutuhkan, Komcad mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama pertahanan negara.

"Proses pembentukannya didasari pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan Negara Indonesia dengan memadukan kekuatan pertahanan militer dan nonmiliter," tutur Prabowo dalam sambutan yang dibacakan Mayjen Dadang, dikutip Selasa (31/5/2022).

Disampaikan Prabowo, salah satu strategi pertahanan Indonesia adalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishamkamrata) yang melibatkan seluruh sumber daya nasional. Strategi ini, kata dia, merupakan upaya negara menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis.

"Sistem ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam mengurangi ancaman," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Sekadar informasi, Komcad Matra Udara berasal dari WNI dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Di mana, pada penerimaan tahun ini, terdapat sejumlah warga negara yang berprofesi sebagai pilot pesawat terbang, tenaga kesehatan.

Adapula aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai BUMN, di antaranya dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Perusahaan Industri Angkatan Darat (Pindad) dan berbagai profesi lainnya.

Ratusan peserta ini, selama tiga bulan, akan menjalani pelatihan berbagai materi pendidikan. Mulai dari bidang sikap dan perilaku, bidang pengetahuan dan keterampilan, hingga bidang jasmani.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini