Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Transisi ke Endemi, Capaian Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun Belum Sampai Target WHO

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 12 Juni 2022 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 12 620 2610043 ri-transisi-ke-endemi-capaian-vaksinasi-anak-di-bawah-12-tahun-belum-sampai-target-who-G76WSuetCh.jpg Vaksinasi dosis ke-12 untuk anak di bawah 12 tahun belum optimal (Foto: Medicaldaily)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengungkap alasan capaian vaksinasi Covid-19 dosis 2 bagi usia di bawah 12 tahun masih belum optimal. Persentasenya masih di bawah dari standar ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) sekitar 70 persen.

Sejauh ini, capaian vaksinasi dosis 1 untuk usia di atas 12 tahun, sudah melampaui batas standar WHO yaitu 96 persen. Sementara dosis 2 sudah diangka 86,26 persen.

Namun sangat disayangkan, jika vaksinasi yang belum optimal bagi usia di bawah 12 tahun, yang masih di angka 62 persen. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dalam konferensi pers, baru-baru ini.

Vaksinasi Anak

"Untuk vaksin 1-2 untuk di atas 12 tahun udh 96 persen, 86,26 persen vaksin 2. Tapi di bawah 12 tahun capaian 62 persen masih di bawah standar WHO yang diharapkan 70 persen," ujar Syahril.

BACA JUGA : Kasus Covid-19 Landai, Kemenkes Tetap Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Sehubungan dengan itu, dia menjelaskan bahwa capaian vaksinasi merupakan masalah bersama. Di mana keterlibatan pihak lain, seperti Swasta, Daerah, TNI/Polri dan masyarakat sangat diperlukan.

BACA JUGA : Optimis Indonesia Pulih Kembali, Dokter Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Syahril juga menambahkan, munculnya varian baru di Indonesi yaitu BA.4 dan BA.5. Jadi motivasi untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 hingga dosis ketiga (booster) dan tetat menjaga protokol kesehatan.

"Ini memang jadi masalah bersama untuk gerakan kembali apa dilakukan seluruh komponen yang ada, pemerintah, swasta TNI-Polri dan masyarakat sama-sama gerakan agar tercapainya standar WHO," tambahnya

"Masker adalah kewajiban kita, juga bagi mereka yang sakit dan ada komorbid diwajibkan masker," jelas Syahril

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini