Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara RI Tingkatkan SDM dalam Pengelolaan Minerba

Heri Purnomo, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 620 2620309 cara-ri-tingkatkan-sdm-dalam-pengelolaan-minerba-E3mb1esoBE.jpg Batu bara. (Foto: IATA)

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia lakukan kerja sama dengan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) melalui nota penandatanganan nota kesepahaman tentang mengenai Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Wakil Ketua Umum KADIN Koordinator Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi, Carmelita Hartoto mengatakan kerja sama tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan minerba.

Di mana kerja sama ini berupa pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia yang akan diberikan oleh IAGI dan PERHAPI untuk menjadi SDM yang berkompeten di bidang Minerba dan perjanjian tersebut akan berlangsung selama empat tahun ke depan.

 BACA JUGA:Kadin Jatim Gandeng Unesa untuk Targetkan 1.000 Dosen Tersertifikasi pada Tahun Ini

"Bahwa kita harus pastikan masa depan industri pertamanbangan di Indonesia haruslah dipegang oleh orang-orang yang berkompetensi yang baik dan itu harus anak Indonesia," ujarnya dalam penandatanganan kerja sama antara Kadin Indonesia dengan IAGI dan PERHAPI di Kantor Kadin Indonesia, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

"Dengan dibantu oleh organisasi profesi tadi tentunya itu adalah suatu bantuan dari kadin kepada pengusaha pengusaha kadin bisa lebih baik mempunyai pegawai pegawainya," tambahnya.

Carmelita berharap dengan pelatihan dan pendidikan serta seleksi untuk menjadi Competen Person Indonesia yang diberikan nantinya oleh AIGI dan Perhapi dapat memberikan nilai tumbuh bagi anggota Kadin Indonesia.

Di tempat yang sama Ketua Umum PERHAPI, Rizal Kasli mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Kadin Indonesia untuk meningkatkan SDM Minerba yang berkompeten.

"Kami siap untuk bekerja sama dengan Kadin dalam rangka pengembangan sumber daya manusia pertambangan di Indonesia, terutama untuk peningkatan jumlah kompeten person yang memang sangat diperlakukan dalam operasional pertambangan," jelasnya.

Sementara, Ketua Umum IAGI, Muhammad Burhannuddinnur mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan hal yang penting karena kadin adalah salah satu pemangku kepentingan dominan dalam bidang usaha.

"Sehingga kami dari organisasi profesi tentunya mau ini menjadi hal yang begruna dan bermanfaat sehingga secara ekonomi dan profesi bisa berjalan dengan baik," katanya.

"Jadi di dunia geologi dan pertamabangan memerlukan sumber daya manusia yang kompeten sehingga kami dari aigi dan perhapi mempunyai komisariat bersama untuk kompeten person di Indonesia. Dan penting karena Ini menjamin ahli ahli tersebut tepat dibidangnya," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini