Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres: Migas Jadi Motor Penggerak Perekonomian Nasional

Binti Mufarida, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 620 2637190 wapres-migas-jadi-motor-penggerak-perekonomian-nasional-Cx9Fqkwdrh.JPG Wapres Maruf Amin. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan sektor minyak dan gas (migas) menjadi motor penggerak perekonomian nasional.

“Migas juga menjadi motor penggerak utama perekonomian nasional yang menciptakan multiplier effect bagi lingkungan sekitar serta sektor usaha lainnya,” kata Wapres saat memberikan arahan pada Forum Kapasitas Nasional II Tahun 2022 di Jakarta Convention Center, Rabu (27/7/2022).

Selain itu, Wapres mengatakan sudah sejak lama migas juga memainkan peranan strategis dalam pembangunan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

“Peran migas tidak hanya sebagai sumber energi, bahan baku industri, ataupun sumber penerimaan negara,” katanya.

 BACA JUGA:Wapres: PR Besar Kembalikan Kemandirian Sektor Energi

Wapres mengungkapkan berdasarkan laporan pengadaan tahun 2020 hingga Maret 2022, industri migas telah berkontribusi sebesar Rp143,6 triliun terhadap berbagai bidang usaha industri di Indonesia.

Di mana migas berkontribusi pada sektor ketenagakerjaan, usaha menengah atau usaha kecil, transportasi, pariwisata, kesehatan, dan lain sebagainya.

Wapres mengatakan kontribusi industri migas terhadap industri di Indonesia akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas nasional.

“Karena untuk meningkatkan kapasitas nasional di sektor migas dan sektor lainnya, pemanfaatan komponen dalam negeri pada industri migas harus semakin dioptimalkan,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini