Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pekan ASI Sedunia, Air Susu Ibu Juga Penting untuk Emosi Anak Loh

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 620 2642639 pekan-asi-sedunia-air-susu-ibu-juga-penting-untuk-emosi-anak-loh-FfCeCtn3bM.jpg Ilustrasi ASI. (Foto: Shutterstock)
A A A

PERAN Air Susu Ibu (ASI) memang sangat penting apalagi dalam 1.000 hari perkembangan bayi. Peran ASI pun sangat penting dalam menghambat persebaran Covid-19 pada anak.

Oleh karena itu, di pekan ASI Sedunia, masih diperlukan pemberitahuan manfaat ASI bagi bayi. Bukan hanya memenuhi nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh tapi juga membantu perkembangan kognitif bayi.

Hal tersebut disampaikan oleh Doula Alia atau seseorang yang telah menjadi pendamping atau asisten pribadi profesional. Bertugas menjaga kenyamanan ibu sampai hari persalinan tiba.

Air Susu Ibu

"Jadi manfaat ASI itu ada dua ya, manfaat nutrisi untuk perkembangan tubuh. Dan manfaat jiwanya berarti emosi, pikiran dan kognitifnya," ujar Alia Febyani Birth & Post Parfum Doula (Dona Certified), Transpersonal Psyche Soma Analyst & Practitioner, kepada MNC Portal.

Dalam penjelasannya, Doula Alia mengatakan ASI menjadi satu-satunya sumber makanan yang terbaik. Dimana setiap ASI dari setiap ibu memiliki kandungan bisa berbeda, karena menyesuaikan dengan kebutuhan sang bayi.

Secara umum, diketahui manfaat didapat dari ASI yakni sumber mineral, vitamin, karbohidrat, protein dan lainnya. Manfaat lain seperti perkembangan kognitif bayi, secara emosional jadi lebih matang, jika mendapatkan ASI secara langsung.

Follow Berita Okezone di Google News

"Manfaat ASI bukan hanya pada tubuh karena bisa membantu dalam perkembangan kognitif bayi. Memang bedanya bayi yang disusui secara langsung dengan melalui botol itu koneksi dengan ibu berbeda," jelasnya

Sehingga peran ibu saat menyusui, diharapkan fokus kepada bayi, seperti tidak asyik bermain handphone. Hal tersebut bertujuan untuk membangun komunikasi dan ikatan emosional yang baik, ibu dengan bayi.

"Dalam penelitian juga dikatakan bahwa menyusui secara langsung bisa antibodi dan memiliki kecerdasan emosi yang lebih matang. Sehingga ibu bukan hanya sekedar menyusui tetapi juga melakukan dengan seluruh jiwa, rasakan emosional dengan bayi, seperti ibu asik main HP bayi akan merasa diattend atau dimasabodohkan," imbuh Doula Alia

Sekedar informasi, Pekan ASI sedunia selalu diperingati pada awal bulan Agustus. Hal tersebut untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya ASI bagi bayi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini