Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Kemenhub Tingkatkan Keselamatan Pelayaran Lewat Pelampung Suar

Antara, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 620 2664213 cara-kemenhub-tingkatkan-keselamatan-pelayaran-lewat-pelampung-suar-7M8qkj0L3f.jpg Cara Kemenhub Tingkatkan Keselamatan Pelayaran (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Cara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meningkatkan keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

Caranya dengan redesain pelampung suar dengan desain yang lebih efisien, efektif, serta biaya manufaktur yang lebih ekonomis oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Kelas II Semarang.

Hal ini merupakan wujud upaya pelaksanaan tugas dan fungsi kenavigasian dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha menyampaikan bahwa pelaksanaan fungsi kenavigasian memiliki peranan yang sangat strategis dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran di Perairan Indonesia.

Baca Juga: Ini Komitmen RI Wujudkan Keselamatan Pelayaran

Oleh karena itu, kegiatan kenavigasian yang meliputi kegiatan yang berkaitan dengan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), Telekomunikasi Pelayaran (Telkompel), Hidrografi, serta Alur dan Perlintasan harus dapat dilaksanakan dengan baik serta memenuhi ketentuan nasional dan internasional demi terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran.

Untuk itu, selain peningkatan Sumber Daya Manusia, tidak kalah penting bagi para pelaku di bidang kenavigasian untuk terus meningkatkan kreativitas dan mengembangkan inovasi dalam rangka peningkatan kemampuan dan kehandalan di bidang SBNP.

“Saya mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah dilakukan dalam upaya meningkatkan keselamatan pelayaran, seperti yang telah dilakukan oleh Distrik Navigasi Kelas II Semarang, yang hari ini melaunching redesain pelampung suar dengan desain yang lebih efisien, efektif, serta biaya manufaktur yang lebih ekonomis,” kata Arif dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Dia berharap agar seluruh Distrik Navigasi dapat terus meningkatkan kreativitas dalam berinovasi melakukan pengembangan teknologi kemaritiman demi mewujudkan keselamatan pelayaran.

"Semakin termotivasi dan memaknai tugas dan peran kita sesuai dengan service value atau nilai pelayanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yaitu hospitable spirit yang berarti insan Perhubungan Laut siap menjalankan setiap tugas dan pelayanan dengan sepenuh hati,” tukasnya.

Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan berharap kolaborasi antara Pemerintah dan seluruh stakeholder terhadap informasi dan pengetahuan tentang keselamatan pelayaran dapat terus ditingkatkan.

“Sebagai wujud penerapan tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Navigasi harus terus meningkatkan modalitas yang dimilikinya sehingga para pengguna transportasi laut merasa aman dan nyaman berada di alur pelayaran yang tepat, dengan panduan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran yang andal, dan diawasi oleh sarana telekomunikasi pelayaran yang optimal, serta kesiagaan kapal negara kenavigasian yang selalu mendukung terjaganya keandalan tersebut,” tegas Hengki.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini