Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menguak Makna Mendalam Batik Ferdy Sambo di Persidangan, Gambarkan Bima dan Hanoman

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 620 2688950 menguak-makna-mendalam-batik-ferdy-sambo-di-persidangan-gambarkan-bima-dan-hanoman-6ETNjh6tPj.jpg Ferdy Sambo. (Foto: MPI)
A A A

BATIK memang menjadi kain khas Indonesia yang telah akui oleh UNESCO. Batik pun memiliki banyak sekali motif dengan makna mereka masing-masing.

Bicara soal batik, netizen memang tengah dihebohkan dengan batik Ferdy Sambo di persidangan pembunuhan Brigadir J. Batik berwarna coklat muda berpadu dengan hitam di bagian bahu tersebut memiliki kombinasi motif yang menyatu di kemeja lengan panjang.

Menurut Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami, Agnes Dwina Herdiasti, motif utama batik Ferdy Sambo di persidangan hari ini adalah Poleng Rwa Bhineda atau motif kotak-kotak warna hitam-putih.

Ferdy Sambo

"Motif ini menggambarkan 2 energi utama di dunia yaitu maskulin dan feminin atau lingga dan yoni, yang mana penyatuan di antara dua kekuatan yang bertolakbelakang merupakan awal mula kehidupan," kata Agnes saat dihubungi MNC Portal.

Motif poleng ini banyak Anda temukan di Bali, biasanya di pohon-pohon besar, patung-patung, dan bangunan tertentu yang diberi kain poleng.

"Tindakan itu dipercaya sebagian besar warga Bali karena itu adalah tempat bersemayamnya sosok-sosok keramat yang dianggap punya daya untuk menghitam-putihkan kehidupan," tambah Agnes.

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, Agnes menerangkan bahwa beberapa karakter wayang mengenakan dodot atau kain pelapis luar bermotif poleng. Tokoh itu antara itu Bima (Werkudara) dan Hanoman.

"Keduanya merupakan putra-putra Batara Bayu, dewa penguasa angin, udara, dan napas. Di sini diartikan bahwa sosok Bima dan Hanoman merupakan karakter wayang yang sudah bisa membedakan baik-buruknya sifat manusia," tambah Agnes.

"Bagi Werkudara, tidak pernah ada keraguan atau polemik yang membedakan keduanya. Hitam, ya hitam. Putih, ya putih," sambungnya.

Jadi, itu dia makna motif batik Ferdy Sambo di persidangan hari ini di PN Jakarta Selatan. Ternyata makna motif batiknya sangat filosofis sekali, ya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini