Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Peruri Bantu Naikkan Omzet UMKM

Fayha Afanin Ramadhanti, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 620 2699235 cara-peruri-bantu-naikkan-omzet-umkm-Xtp57dToVo.jpg Pelaku UMKM menghadapi era digitalisasi (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Pembinaan dan pendampingan bagi UMKM bertujuan untuk meningkatkan kapasitas serta kapabilitas menghadapi era industri 4.0. Pelaku UMKM yang bergerak di bidang food, fashion dan craft/kerajinan dibekali pengetahuan secara intensif untuk mengembangkan usahanya.

“UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional karena menyerap tidak kurang dari 95 persen tenaga kerja di Indonesia, sehingga kami merasa perlu memberikan pendampingan dan pembinaan agar UMKM terus maju dan naik kelas. Dukungan Peruri ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan yang selaras dengan Sustainable Development Goals nomor delapan yaitu menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi,” kata Kepala Biro Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Peruri Ratih Sukma Pratiwi, Rabu (2/11/2022).

UMKM yang terdaftar dalam program Peruri Digital Entrepreneur Academy didampingi untuk dipantau perkembangannya terutama untuk mengukur efektivitas hasil inkubasi. 5 UMKM yang telah mengikuti proses inkubasi dengan baik serta progress peningkatan omzet yang signifikan dan 2 UMKM terfavorit.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain peningkatan omzet, penilaian lainnya adalah peningkatan taktik strategi branding, pengurusan legalitas dan sertifikasi usaha, konsep usaha yang lebih terstruktur (business plan strategy), terciptanya inovasi produk, peningkatan hasil program digital (engagement, penjualan di market place, brand awareness pada media sosial dan pasar digital). Diharapkan dengan adanya program ini dapat membawa usaha mikro menjadi kecil, kemudian menengah dan bisa menjadi besar dan go internasional.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan UMKM naik kelas bisa melalui digitalisasi. Sandiaga pun menyampaikan kolaborasi bisa dilakukan UMKM sebagai dorongan untuk peningkatan kualitas UMKM melalui digitalisasi.

"Kami ingin bersama-sama menbangkitkan sektor ekonomi, tapi gak bisa pemerintah sendiri, harus gabung juga dengan UMKM dan juga instusi pendidikan," kata Sandiaga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini