Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Muhadjir: Kita Semua Harus Terus Waspada Menghadapi Bencana

Binti Mufarida, Jurnalis · Rabu 09 November 2022 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 620 2703853 menko-muhadjir-kita-semua-harus-terus-waspada-menghadapi-bencana-OchjVvHQqA.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: Ant)
A A A

JAKARTA - Potensi bencana alam masih mengintai seiring cuaca dan iklim yang tidak menentu. Untuk itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta agar semua masyarakat harus terus waspada dalam menghadapi potensi bencana.

“Saya selaku Menko PMK meminta kita semua untuk terus waspada, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan terus meningkatkan kapasitas agar kita bisa mengatasi bencana demi bencana,” kata Muhadjir pada Apel Kesiapsiagaan Nasional Menghadapi Bencana Hidrometeorologi, Rabu (9/11/2022).

Dia melanjutkan, tantangan kebencanaan juga menjadi topik penting dalam rangkaian acara G20. “Di mana bapak Presiden (Jokowi) sekarang menjabat sebagai Presiden G20,” katanya.

Indonesia, kata dia, baru saja menjadi tuan rumah forum Global pengurangan risiko bencana atau Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang dihadiri oleh 193 negara di Bali.

“Sesuai misi besar GPDRR, kegiatan apel siaga dan simulasi menghadapi bencana hidrometeorologi ini menjadi bagian dari ikhtiar resiliensi berkelanjutan untuk meredam dampak kebencanaan secara terus-menerus. Kita seharusnya terus meningkatkan kapasitas dalam upaya penanggulangan bencana,” ungkap Muhadjir.

Follow Berita Okezone di Google News

Dirinya mengatakan saat ini arah kebijakan penanggulangan bencana dalam perencanaan pembangunan nasional adalah mengurangi risiko bencana dan meningkatkan ketangguhan pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam menghadapi bencana.

“Bencana adalah urusan bersama. Untuk itu penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata namun memerlukan dukungan berbagai pihak seperti akademisi, dunia usaha, masyarakat, lembaga-lembaga filantropi dan juga mass media,” tutup Muhadjir. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini