Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Putus Turunan Hipertensi dengan Cara Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 620 2721865 yuk-putus-turunan-hipertensi-dengan-cara-ini-Z71fBnB2fv.jpg Ilustrasi Hipertensi. (Foto: Shutterstock)
A A A

DARAH tinggi memang disebut sebagai salah satu penyakit keturunan. Ketika orangtuanya sudah memiliki riwayat darah tinggi, maka besar kemungkinan sang anak akan mengalami hipertensi.

Meski demikian, bukan berarti kita hanya diam dan menerima nasib saja. Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Erni Juwita Nelwan, Sp.PD, menekankan bahwa anak yang lahir dari orangtua yang sama-sama punya riwayat darah tinggi, tidak mutlak akan kena hipertensi.

Ada faktor yang bisa memutus 'kutukan' tersebut, yaitu menjaga hidup sehat. Jadi, bukan berarti anak dengan gen darah tinggi, besarnya akan darah tinggi.

Hipertensi

"Gen darah tinggi ini bisa diputus dengan menjaga pola hidup sehat. Artinya, tidak pasti punya orangtua yang keduanya darah tinggi, Anda akan kena hipertensi," ungkap dr Erni saat Live Instagram Okezone.

Menjaga pola hidup sehat yang dimaksud adalah dengan rajin berolahraga, konsumsi makanan yang bergizi, istirahat cukup, dan tidak merokok.

Follow Berita Okezone di Google News

"Jadi, kalau sudah tahu orangtua punya darah tinggi dan Anda tetap merokok, ya, itu meningkatkan risiko. Padahal, gen darah tingginya bisa tidak muncul kalau faktor penyebabnya dijauhi," papar dr Erni.

Karena itu, dr Erni mengimbau kepada orang-orang yang punya gen darah tinggi dari orangtuanya agar lebih 'aware' dengan kesehatan tubuhnya. Artinya, sejak muda sudah harus menjaga pola hidup sehat.

"Jauhi rokok adalah pilihan tepat buat siapapun, khususnya buat Anda yang punya gen darah tinggi dari orangtua. Kalau sekarang sudah kecanduan, ada baiknya kurangi menghisap rokok setiap harinya," tambah dr Erni.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini