Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PIN Gunakan Tanggal Lahir, Isi ATM Presenter Ini Dikuras Pencuri

Erfan Maaruf, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 27 620 2734914 pin-gunakan-tanggal-lahir-isi-atm-presenter-ini-dikuras-pencuri-vPJN2Ds47v.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)
A A A

JAKARTA - Presenter sepakbola Rendra Soedjono mengalami pencurian tas di dalam mobilnya. Selain itu, pencuri ini juga diduga juga membobol dan menguras saldo rekening korban dengan membelanjakan di sejumlah lokasi.

Personal Identification Number atau PIN dari salah satu kartu ATM milik Rendra adalah tanggal lahir.

"Setelah kejadian itu saya lupa memblokir kartu atm saya. Pin nya itu dia bisa tahu karena memang ulang tahun saya dan di situ ada KTP saya," ujar Rendra kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/12/2022).

Dia menjelaskan, riwayat transaksi yang didapatkan Rendra, pelaku menarik uang sekitar Rp15 juta dari total saldo Rp27 juta di dalam rekening. Selain itu, pelaku juga menggunakan kartu ATM miliknya untuk berbelanja di minimarket dan membeli perhiasan emas.

"Diambil tarikan sekitar Rp 15 juta saya lupa, karena kan batas sampai 15 juta per hari, per satu tarikan. Sisanya dibelanjain karena dia tahu pin-nya," ungkap Rendra.

Usai mendapatkan riwayat transaksi dari pihak bank, Rendra mengaku mendatangi sejumlah lokasi yang menjadi tempat pelaku berbelanja.

Dirinya kemudian memeriksa CCTV di sejumlah toko sesuai dengan jam pelaku bertransaksi. Dalam rekaman video di minimarket, pelaku terlihat memborong beberapa kota susu bayi dan sejumlah pampers.

Di toko lain, kata Rendra, pelaku terekam membeli sejumlah perhiasan emas seharga Rp6 juta. "Dia beli emas itu di kawasan Daan Mogot," pungkasnya.

Sebagai informasi, Rendra Soedjono menjadi korban pencurian di kawasan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis (22/12/2022) dini hari, pukul 01.43 WIB. Peristiwa ketika Rendra mengunjungi salah satu kafe di kawasan Jalan Gunawarman.

"Saat itu saya diantar sama asisten saya ke salah satu tempat kafe di Jalan Gunawarman. Karena memang parkirnya valet enggak bisa, saya bilang sama dia ya sudah cari parkir saja, saya turun," ujar Rendra.

Kemudian, dia pun turun dan hanya membawa ATM dan sejumlah uang tunai, sedangkan dompet dan barang-barang lainnya sengaja ditinggal di dalam mobil.

Sang asisten yang mengendarai mobil Rendra langsung mencari tempat parkir, sampai akhirnya berhenti di sisi kiri Jalan Senopati. "Jadi ternyata parkirnya itu di wilayah Senopati dekat Lapangan Blok S. Dia parkir di situ di pinggir jalan," kata Rendra.

Rendra kemudian menghubungi sang asisten untuk menjemputnya di kafe setelah urusannya selesai. Namun, sang asisten justru menjelaskan bahwa barang-barang berharga di dalam mobil hilang.

Dirinya yang merasa penasaran bagaimana barang-barangnya bisa raib dari mobil, Rendra lantas memeriksa rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian.

Follow Berita Okezone di Google News

Kemudian, berdasarkan rekaman CCTV diketahui bahwa pencuri datang denngan menggunakan sepeda motor, dia mendekati mobil milik Rendra yang parkir liar di bahu jalan.

Para pelaku lalu membuka pintu mobil yang tak terkunci, dan langsung mengambil barang berharga di dalamnya. Di waktu yang sama, asisten Rendra tertidur pulas di mobil itu.

Kasus pencurian tersebut telah dilaporkan Rendra ke Polres Metro Jakarta Selatan. Laporan teregistrasi dengan nomor LP/B/5086/XII/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan.

"Yang hilang satu tas selempang dan tas tangan serta dompet merek Louis Vuitton. Beberapa ATM, KTP, STNK kendaraan, serta uang tunai," ungkap dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini