Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Go Global, Wapres Dorong Potensi 'Intan Pari' Terus Digali

Binti Mufarida, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2022 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 27 620 2735137 go-global-wapres-dorong-potensi-intan-pari-terus-digali-ZsJgAwj08w.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)
A A A

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) mendorong agar potensi ‘Intan Pari’ yang merupakan akronim dari industri, pertanian, dan pariwisata harus digali sehingga bisa terus menjangkau pasar Global atau go Global.

“Potensi Intan Pari yang merupakan akronim dari Industri Pertanian dan Pariwisata harus terus digali agar tercipta diversifikasi produktivitas, daya saing, serta jangkauan pasar yang kian luas merambah pasar global, bukan hanya nasional tapi juga pasar global,” ujar Wapres saat Peresmian Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022).

Wapres pun mengatakan upaya pengembangan koperasi UMKM dan wirausaha juga sangat penting untuk digalakkan di seluruh daerah. “Karena lewat upaya ini kita ingin membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” katanya.

Pemerintah, kata Wapres, sangat menyadari besarnya potensi UMKM termasuk kontribusinya terhadap PDB dan pertumbuhan ekonomi maupun perannya dalam penyerapan tenaga kerja.

“Namun, kita masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup serius karena mayoritas UMKM masih berskala mikro dan kecil. Selain itu, rasio kewirausahaan Indonesia juga baru sekitar 3,47% yang mesti terus kita tingkatkan,” katanya.

Wapres mengatakan sebagai negara berkembang dan berpopulasi besar, Indonesia diproyeksikan menjadi raksasa ekonomi dunia. “Prasyarat kemajuan ekonomi tersebut diantaranya jika kita mampu terus mendongkrak kualitas SDM dan kuantitas wirausaha dalam negeri," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Kewirausahaan, tambah Wapres, akan menyumbang efek berjenjang karena dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan, sehingga dan seiring dengan tumbuhnya pendapatan dan kesejahteraan para pelakunya.

“Bahkan wirausaha kerap dapat menciptakan perubahan sosial yang positif melalui produk atau jasa yang inovatif, inklusif, dan berkelanjutan,” tambahnya.

Untuk itu selama proses pemulihan, Wapres mengatakan pemerintah terus mendorong UMKM dan wirausaha untuk bangkit melalui pemberdayaan, pemberian bantuan sosial, pembiayaan maupun pendampingan.

“Termasuk mendorong tumbuhnya ekosistem kewirausahaan seperti jejaring dan inkubasi bisnis, inovasi produk dan jasa berbasis riset, memanfaatkan pemanfaatan teknologi dan peningkatan literasi digital serta penciptaan iklim usaha yang kondusif,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini