Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Erick Thohir Bantu UMKM Dinilai Berhasil, Ini Buktinya

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2023 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 09 620 2762095 cara-erick-thohir-bantu-umkm-dinilai-berhasil-ini-buktinya-zcmxzkeOOZ.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone/BUMN)
A A A

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir terus mengembangkan dan memajukan sektor UMKM di Indonesia.

Pengamat Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto menyatakan menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut sebagai pahlawan bagi sektor UMKM.

“Layak bila kita menyatakan Erick Thohir sebagai pahlawan UMKM Indonesia," jelas Bambang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/2/2023).

Sejak diamanahkan oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir langsung bergerak cepat menggerakkan ekonomi masyarakat Indonesia melalui sektor UMKM.

UMKM di Indonesia memang sarat akan potensi untuk terus berkembang dan maju hingga mampu menembus pasar dunia.

Apalagi Erick Thohir melihat banyaknya populasi masyarakat Indonesia menciptakan pasar yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi.

Karena itu, Eks Presiden Inter Milan tersebut menggalakkan pembentukan ekosistem untuk menunjang pertumbuhan UMKM.

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti halnya program Mekaar, KUR, Rumah BUMN, Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) hingga fasilitas etalase kelas dunia seperti Sarinah, pos bloc dan m bloc. Berbagai fasilitas yang ini memberikan bantuan pendanaan, pendampingan, pemasaran hingga menyediakan off taker atau pembeli.

Fasilitas ini mengatasi persoalan mendasar dari para pelaku UMKM di Indonesia seperti pembiayaan, standar produk, akses pasar hingga digitalisasi.

"Harus kita akui bahwa selama ini ada beberapa kendala yang masih dihadapi oleh UMKM di Indonesia, seperti sertifikasi, standar produk, pemasaran, pembiayaan, akses pasar dan digitalisasi. Namun berbagai persoalan ini teratasi oleh Pak Erick Thohir,” pungkas Bambang.

Seperti diketahui, PaDi UMKM gagasan Erick Thohir memiliki 40 ribu UMKM yang telah bergabung. Pembiayaan pun telah tersalur sebesar Rp24,4 triliun UMKM dan angka tersebut akan terus ditingkatkan menjadi Rp50 triliun di tahun 2023.

Nasabah pembiayaan dari perusahaan-perusahaan BUMN pun telah menyentuh angka 50 juta nasabah. Total nasabah itu terdiri dari 14 juta nasabah mikro BRI, 14 juta nasabah mikro PT Pegadaian serta 13,6 juta nasabah PNM Mekaar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini