Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diserbu Jamaah, Reservasi Ibadah Umrah Arab Saudi Sudah Penuh Sampai Akhir Ramadhan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 05 April 2023 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 04 05 620 2793633 diserbu-jamaah-reservasi-ibadah-umrah-arab-saudi-sudah-penuh-sampai-akhir-ramadhan-SWbKNDAfGi.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)
A A A

MAKKAH — Para jamaah yang ingin melakukan reservasi untuk ibadah umrah atau kunjungan ke Rawdah Sharif di Masjid Nabawi, Madinah di bulan Ramadhan 1444 H ini tampaknya akan kecewa. Pasalnya, aplikasi elektronik nusuk menunjukkan bahwa reservasi untuk ibadah-ibadah tersebut telah penuh selama sisa hari di bulan Ramadhan ini dan tidak ada kemungkinan bagi jamaah mendapatkannya.

Menurut tangkapan dari tampilan layar aplikasi Nusuk yang dilansir Saudi Gazette, semua hari, termasuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terlihat ditandai dengan warna abu-abu, yang menunjukkan tidak ada kemungkinan pemesanan yang akan datang untuk melakukan umrah atau mengunjungi Rawdah Sharif.

Sejak awal Ramadhan, baik Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi memang telah diserbu oleh gelombang besar jamaah umrah dan pengunjung yang datang dari Arab Saudi dan luar negeri. Bulan Ramadhan memang merupakan puncak musim umrah tahunan bagi umat Muslim dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya dilaporkan bahwa Kementerian Haji dan Umrah mewajibkan jamaah yang ingin melakukan umrah atau mengunjungi Rawdah Sharif untuk mendapatkan izin. Namun, jamaah yang ingin melakukan sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tidak harus memiliki izin tersebut.

Penunjukan dilakukan melalui aplikasi Nusuk atau aplikasi Tawakkalna, dengan ketentuan tidak ada infeksi virus corona atau kontak dengan orang yang terinfeksi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini