Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penerimaan Cukai Hasil Tembakau Bakal Terdampak RUU Kesehatan

Mutiara Oktaviana, Jurnalis · Senin 03 Juli 2023 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 03 620 2840358 penerimaan-cukai-hasil-tembakau-bakal-terdampak-ruu-kesehatan-GUICOwZx04.jpg Cukai hasil tembakau (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTAPetani tembakau bakal terdampak oleh Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan. Pengesahan RUU berpotensi berdampak pada penerimaan cukai hasil tembakau (CHT).

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Barat Suryana menegaskan bahwa petani tembakau adalah pahlawan devisa negara. Menurut dia, negara selama ini memanfaatkan cukai hasil tembakau (CHT) hingga sebesar lebih dari Rp200 triliun sebagai salah satu sumber penerimaan negara.

"Lalu mengapa saat petaninya mau berusaha, justru tidak dilindungi. Budidaya dan komoditas tembakau tidak dilarang. Oleh karena itu, kami menolak secara tegas pasal yang mendiskriminasi tembakau dan tidak adil terhadap petani," kata dia, Senin (3/7/2023).

Pemerintah disarankan melakukan sosialisasi jelang pengesahan. Hal ini mengingat pembicaraan di tengah masyarakat terutama perihal usulan pasal-pasal pertembakauan yang berpotensi tumpang tindih dengan peraturan yang telah berlaku.

Follow Berita Okezone di Google News

Pakar Tata Negara dan Hukum Kesehatan dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Sunny Ummul Firdaus, juga menyampaikan bahwa pemerintah dan DPR sebaiknya sudah mempertimbangkan aspek hukum, politik, sosial, dan kesejahteraan masyarakat dengan seksama sebelum mengambil keputusan final terkait pengesahan RUU Kesehatan. Dengan demikian, bisa terjadi legitimasi keputusan dan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan yang diambil.

“Mengesahkan sebuah RUU di tengah pro dan kontra yang masih terjadi adalah suatu keputusan politik yang harus dipertimbangkan dengan seksama. Penting bagi pemerintah dan lembaga legislatif untuk memperhatikan pandangan dan masukan dari berbagai pihak, melakukan kajian mendalam, dan mempertimbangkan kepentingan publik serta dampak jangka panjang dari keputusan tersebut," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini