Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Wanita Diarak Telanjang Diseret hingga Diraba-raba oleh Massa, PM Nodi: Mempermalukan India

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2023 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 21 620 2849863 2-wanita-diarak-telanjang-diseret-hingga-diraba-raba-oleh-massa-pm-nodi-mempermalukan-india-iTheWk8UAL.jpg Ilustrasi pelecehan seksual (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Isu perempuan termasuk pemerkosaan dan pelecehan seksual menjadi masalah yang kerap terjadi di India.

Baru-baru ini, dua wanita diketahui telah diarak telanjang oleh massa di Negara Bagian Manipur timur laut India. Kedua wanita yang direkam diarak telanjang itu merupakan anggota komunitas Kuki yang diserang oleh pria dari kelompok Meitei.

Video rekaman keduanya viral di media sosial (medsos) dan memicu kemarahan di negara itu. Manipur saat ini tengah dilanda bentrokan berdarah antara etnis yang berlarut-larut.

Video mengerikan kedua wanita itu dibagikan secara luas di media sosial pada Rabu, (19/7/2023). Itu menunjukkan mereka diseret dan diraba-raba oleh segerombolan pria yang kemudian mendorong mereka ke lapangan.

Perdana Menteri (PM0 Narendra Modi langsug marah atas kejadian itu. Dia menyebut hal itu telah "mempermalukan India" dan "tidak ada kesalahan yang akan diampuni".

"Saya meyakinkan bangsa, hukum akan mengambil jalannya dengan sekuat tenaga. Apa yang terjadi dengan putri-putri Manipur tidak akan pernah bisa dimaafkan," katanya sebagaimana dilansir BBC. Pernyataan itu memecah kebungkaman Modi terkait situasi di Manipur, lebih dari dua bulan setelah kekerasan di negara bagian itu meletus.

Follow Berita Okezone di Google News

Ketua Mahkamah Agung India DY Chandrachud juga menyatakan keprihatinannya atas penyerangan tersebut, dengan mengatakan bahwa Mahkamah Agung "sangat terganggu dengan video tersebut".

Dia memberitahu pemerintah untuk memberi tahu pengadilan tentang langkah-langkah yang diambil terhadap terdakwa, hakim agung mengatakan "kami akan mengambil tindakan jika Anda tidak melakukannya".

Polisi mengatakan mereka telah membuka kasus pemerkosaan beramai-ramai dan menangkap seorang pria, menambahkan bahwa yang lainnya akan segera ditahan.

Pada Kamis, (20/7/2023) sesi parlemen di Delhi terganggu karena anggota parlemen menuntut debat tentang masalah tersebut.

Seperti diketahui, kekerasan mematikan telah menjerumuskan Manipur, negara bagian India yang berbatasan dengan Myanmar, ke dalam kekacauan selama lebih dari dua bulan.

Bentrokan antara anggota mayoritas Meitei dan komunitas suku Kuki telah mengakibatkan segregasi total mereka. Setidaknya 130 orang tewas dan 60.000 orang mengungsi.

Polisi mengatakan penyerangan terhadap wanita itu terjadi pada 4 Mei tetapi menjadi berita utama nasional pada Kamis, (20/7/2023) setelah videonya mulai viral di media sosial. Pemerintah federal telah meminta semua perusahaan media sosial untuk menghapus video dari platform mereka.

Forum Pemimpin Suku Adat (ITLF) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kekejaman telah dilakukan di sebuah desa di distrik Kangpokpi terhadap perempuan dari komunitas suku Kuki-Zo. ITLF juga menuduh bahwa para wanita telah diperkosa beramai-ramai.

"Perkosaan beramai-ramai terhadap perempuan terjadi setelah desa dibakar dan dua laki-laki - satu paruh baya dan satu remaja - dipukuli sampai mati oleh massa," kata ITLF sebagaimana dilansir BBC.

Tetapi pengaduan polisi yang diajukan oleh kerabat salah satu wanita mengatakan hanya satu dari mereka yang diperkosa beramai-ramai. Ditambahkan bahwa wanita ketiga telah dipaksa untuk menelanjangi tetapi dia tidak terlihat dalam video tersebut.

Polisi mengatakan bahwa insiden itu terjadi pada 4 Mei dan kasus penculikan serta pemerkosaan dan pembunuhan telah didaftarkan di distrik Thoubal.

Serangan itu telah dikutuk oleh politisi di seluruh bagian.

Menteri federal Smriti Irani, menyebutnya "benar-benar tidak manusiawi".

Beberapa pemimpin oposisi juga mengkritik pemerintah Partai Bharatiya Janata (BJP) karena tidak berbuat cukup untuk memadamkan kekerasan di negara bagian tersebut.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini