Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Irak Usir Dubes Swedia Gara-Gara Aksi Penodaan Alquran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2023 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 21 620 2850000
A A A

BAGHDAD – Rencana pembakaran Alquran di Stockholm pada Kamis, (20/7/2023) berujung pada pengusiran Duta Besar Swedia dari Irak, setelah sebelumnya, ratusan pengunjuk rasa menyerbu dan membakar kedutaan Swedia di Baghdad sebagai protes terhadap aksi tersebut.

Polisi Swedia telah mengizinkan aksi pembakaran Alquran di luar kedutaan Irak pada Kamis. Dalam peristiwa tersebut, pengunjuk rasa anti-Islam menendang dan menghancurkan sebagian buku yang mereka katakan adalah Alquran, tetapi meninggalkan area tersebut setelah satu jam tanpa membakarnya.

Media pemerintah melaporkan bahwa pada Kamis malam, kementerian luar negeri Iran memanggil duta besar Swedia di Teheran untuk "memprotes keras penodaan kitab suci Alquran". Pemanggilan itu dikonfirmasi kementerian luar negeri Swedia, yang menolak mengomentari apa yang dikatakan selama pertemuan tersebut.

Pemerintah Irak telah mengutuk serangan terhadap kedutaan Swedia yang terjadi pada Kamis dini hari, dan berjanji untuk melindungi misi diplomatik dari pelanggaran keamanan serupa.

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini