Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ledakan Bom Bunuh Diri di Kampanye Parpol Tewaskan 42 Orang, Pemerintah Umumkan Keadaan Darurat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 31 Juli 2023 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 31 620 2854869 ledakan-bom-bunuh-diri-di-kampanye-parpol-tewaskan-42-orang-pemerintah-umumkan-keadaan-darurat-juyTf1DdGX.jpg Ilustrasi ledakan (Foto: Freepik)
A A A

PAKISTANSerangan bom bunuh diri terjadi di kampanye politik di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa barat laut Pakistan pada Minggu, (30/7/2023). Akibatnya 42 orang tewas

Ledakan itu terjadi di sebuah pertemuan partai konservatif Jamiat Ulema Islam-Fazl (JUI-F), yang dikenal memiliki hubungan dengan politik Islam garis keras, di bekas daerah suku Bajaur, yang berbatasan dengan Afghanistan.

Petugas polisi distrik Nazir Khan mengatakan akibat insiden ini, keadaan darurat telah diumumkan di rumah sakit Bajaur dan daerah sekitarnya di mana sebagian besar korban luka dibawa.

Khan mengatakan ledakan pada konvensi pekerja JUI-F di kota Bajaur Khar itu telah menyebabkan lebih dari 130 orang terluka, banyak yang luka serius.

Sebuah pernyataan dari Rescue 1122, sebuah layanan responden pertama, menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 42 orang.

Mereka yang terluka parah diangkut dari Bajaur ke rumah sakit di ibu kota provinsi Peshawar dengan helikopter militer.

Kepala Polisi provinsi, Akhtar Hayat mengatakan kepada Reuters bahwa ledakan itu disebabkan oleh bom bunuh diri.

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti diketahui, Pakistan telah mengalami kebangkitan serangan oleh militan sejak tahun lalu ketika gencatan senjata antara Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dan Islamabad gagal. Sebuah pemboman masjid di Peshawar menewaskan lebih dari 100 orang awal tahun ini.

Meski TTP dan kelompok terkaitnya kerap disebut-sebut berada di belakang sebagian besar serangan di Pakistan dalam beberapa bulan terakhir, namun kelompok itu membantah serangan yang terjadi pada Minggu (30/7/2023), yang dikutuk oleh juru bicaranya.

TTP berjanji setia, tetapi tidak secara langsung menjadi bagian dari, Taliban di tetangga barat Afghanistan. Pasukan keamanan Pakistan mengatakan TTP memiliki tempat perlindungan di Afghanistan, yang dibantah oleh pemerintahan Taliban di sana.

Pemerintah Afghanistan mengutuk ledakan itu dalam pernyataan juru bicara mereka Zabihullah Mujahid.

TTP bukan satu-satunya kelompok militan yang melakukan serangan di daerah itu, yang juga menghadapi ancaman dari cabang lokal ISIS.

Partai yang ditargetkan, JUI-F, adalah sekutu utama pemerintah koalisi Perdana Menteri Shehbaz Sharif, yang sedang mempersiapkan pemilihan nasional yang akan diadakan pada November mendatang.

Sharif mengutuk ledakan itu, menyebutnya sebagai serangan terhadap proses demokrasi Pakistan. Dia bersumpah bahwa mereka yang bertanggung jawab akan dihukum.

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Islamabad dan mantan Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan juga mengutuk ledakan tersebut dalam postingan di platform perpesanan di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini