Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bareskrim Belum Tingkatkan Kasus TPPU Panji Gumilang ke Penyidikan, Ini Alasannya

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2023 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 08 09 620 2861173 bareskrim-belum-tingkatkan-kasus-tppu-panji-gumilang-ke-penyidikan-ini-alasannya-yDMWu44aDU.jpg Panji Gumilang (Foto : Antara)
A A A

JAKARTA - Kendati sudah merampungkan gelar perkara TPPU Panji Gumilang, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim belum meningkatkan status hukum itu ke tahap penyidikan.

Dari hasil gelar perkara itu dinyatakan masih memerlukan penambahan keterangan saksi.

"Dibutuhkan adanya penambahan keterangan saksi dan dokumen yang harus dilengkapi sehingga gelar perkara memutuskan untuk waktu yang paling dekat minggu depan. Akan dilaksanakan gelar perkara lanjutan," kata Dir Tipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).

Penyidik Dit Tipideksus Bareskrim Polri bakal melanjutkan gelar perkara kasus tersebut pada pekan depan.

Saat ini, pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap 37 saksi dalam kasus tersebut. Akan tetapi, baru 19 saksi yang dapat memenuhi panggilan itu.

"Ada beberapa saksi dari yayasan YPI (Yayasan Pesantren Indonesia, ada juga dari masyarakat yang mengirimkan dana, ada beberapa keterangan dari temen-temen Kementerian Agama," ucap Whisnu.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk diketahui, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri resmi menetapkan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang, sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan kedua pada, Selasa, 1 Agustus 2023. Saat ini, Bareskrim Polri resmi melakukan penahanan terhadap Panji Gumilang.

Bareskrim Polri sendiri melakukan pemeriksaan pertama terhadap, Panji Gumilang pada, Senin 3 Juli 2023. Usai periksa Panji Gumilang, Dit Tipidum Bareskrim Polri resmi meningkatkan perkara itu ke tahap penyidikan.

Penyidik Dit Tipidum Bareskrim Polri menemukan adanya unsur pidana lain dalam perkara tersebut, yakni kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian bermuatan Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan (SARA), sebagaimana diatur dalam UU ITE.

Selain itu, Dit Tipideksus Bareskrim Polri juga tengah mengusut kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Panji Gumilang.

Panji Gumilang dilaporkan kepada pihak kepolisian oleh Forum Pembela Pancasila (FAPP) pada, Jumat 23 Juni 2023 atas dugaan penistaan agama.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini