Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Orang Terkaya Dunia, Jeff Bezos Jadi Nomor Satu

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 620 2197056 daftar-orang-terkaya-dunia-jeff-bezos-jadi-nomor-satu-ltWvf88OtE.jpg Jeff Bezos (Foto: Reuters)

JAKARTA - Lima orang masuk dalam daftar orang paling kaya di dunia tahun 2020. Namun, sebagian harta miliarder tergerus akibat pandemi corona atau covid-19.

Daftar orang terkaya di dunia dihitung Forbes berdasarkan nilai kepemilikan saham dan diupdate setiap hari. Di posisi pertama masih ditempati Jeff Bezos. Dia menjadi orang terkaya di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut.

Baca Juga: Taipan Indonesia Kembali Sumbang untuk Perangi Covid-19

Bill Gates mempertahankan posisinya sebagai orang nomor dua terkaya, diikuti oleh taipan barang mewah Bernard Arnault. Sementara Alice Walton, pewaris kekayaan Walmart, adalah wanita terkaya, peringkat kesembilan dengan kekayaan USD54,4 miliar.

Berikut adalah daftar 20 orang terkaya tahun 2020 versi Forbes, Jumat (10/4/2020):

Jeff

1.Jeff Bezos 

Jeff Bezos memiliki kekayaan hingga USD124,7 miliar. Bezos adalah pendiri perusahaan pengecer online terbesar di dunia, Amazon. Perusahaan yang berbasis di Seattle ini menjual buku, barang-barang rumah tangga, dan produk lainnya melalui situs web andalannya. Amazon sendiri menghasilkan pendapatan USD233 miliar pada 2018.

2. Bill Gates

Bill Gates kini mengantongi kekayaan sebesar USD104,1 miliar. Gates mendirikan Microsoft, pembuat perangkat lunak terbesar di dunia, dan memiliki sekitar 1% saham perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington. Sisa kekayaannya dikelola melalui Cascade Investment, yang mengendalikan saham di banyak perusahaan publik, termasuk Kereta Api Nasional Kanada, Deere dan Ecolab.

Mayoritas kekayaan Gates berasal dari Cascade Investment, sebuah perusahaan induk yang diciptakan dengan hasil penjualan saham Microsoft.

3. Bernard Arnault

Orang terkaya di Prancis ini memiliki harta USD91,4 miliar. Bernard adalah pemilik LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton, pembuat barang mewah terbesar di dunia. Dia mengendalikan sekitar setengah dari saham LVMH, yang memiliki pendapatan 46,8 miliar euro pada 2018. Dia menjual produk-produk termasuk barang-barang kulit Louis Vuitton, jam tangan TAG Heuer dan sampanye Dom Perignon.

4. Warren Buffett

Warren

Buffet punya kekayaan sebesar USD76,3 miliar. Buffett adalah ketua dan pemegang saham terbesar dari Berkshire Hathaway, kelompok investasi yang memberikan keuntungan tahunan sebesar 20,5% dalam nilai pasar sejak 1953. Perusahaan yang berbasis di Omaha, Nebraska memiliki Geico, Clayton Homes dan Dairy Queen, dan memiliki saham di Coca-Cola dan American Express.

5. Larry Ellison

Larry Ellison memiliki harta USD66,2 miliar. Larry mendirikan perusahaan perangkat lunak Oracle pada tahun 1977 untuk memanfaatkan kebutuhan yang semakin meningkat akan basis data manajemen hubungan pelanggan.

Dia melepaskan peran CEO Oracle pada 2014 tetapi masih menjabat sebagai ketua dewan dan chief technology officer.

Oracle telah tumbuh sebagian melalui akuisisi tetap pada perusahaan perangkat lunak, yang terbesar adalah USD9,3 miliar untuk Netsuite pada tahun 2016.

Pada Mei 2016, Ellison menjanjikan USD200 juta ke University of Southern California untuk pusat perawatan kanker.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini