Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tung Desem Waringin Cepat Sembuh dari COVID-19 dengan Teknik Pernapasan Wim Hof

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2020 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 620 2207934 tung-desem-waringin-cepat-sembuh-dari-covid-19-dengan-teknik-pernapasan-wim-hof-TJ1DsioCab.jpg Tung Desem Waringin (Foto : @tungdesemwaringin.tdw/Instagram)
A A A

Tung Desem Waringin, Motivator dan Konsultan Marketing ternama di Indonesia, adalah salah satu pasien COVID-19 yang sembuh.

Dia pun membagi sejumlah kiat ampuh agar mampu bertahan dari paparan virus tersebut.

Secara eksklusif kepada Okezone.com, Tung Desem mengatakan bahwa salah satu kunci kesembuhannya adalah menerapkan teknik pernapasan Wim Hof atau Wim Hof Breathing.

Melansir situs resmi wimhofmethod, Wim Hof Breathing sendiri adalah teknik pernapasan khusus yang bertujuan menggali lebih banyak energi, mengurangi tingkat stres, dan membuat respon imun cepat bertambah yang berurusan dengan patogen.

Tum mengaku pertama kali mengenal metode tersebut saat menjadi translator di sebuah seminar pada 2018 silam.

"Saat itu saya dipercaya menjadi penerjemah di seminarnya Anthony Robbins. Sayangnya saya dalam kondisi kurang fit, suara saya serak, batuk-batuk, dan ada rasa sakit di tenggorokkan. Nah, selain Anthony, waktu itu Wim Hof juga jadi pembicara. Walau ia hanya memperkenalkan metode Wim Hof Breathing pada para peserta seminar lewat videocall, tapi membuat saya tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh. Dari sinilah saya pertama kali berkenalan dengan metode pernapasannya," terangnya.

Tung Desem Waringin

(Foto : @tungdesemwaringin.tdw/Instagram)

Tung Desem menambahkan, sepulangnya dari seminar, kondisi kesehatannya ternyata masih belum membaik. Dia mengaku susah tidur karena batuk yang tak kunjung berhenti.

Akhirnya, Tung pun mencoba metode pernapasan Wim Hof yang baru saja dipelajarinya. “Langsung saya praktikkan, dan besok paginya sudah baikan. Dahak yang keluar juga warna putih. Sejak saat itu saya mulai rutin melakukannya," ungkapnya.

(Baca Juga : Ini Teknik Pernapasan Wim Hof Breathing yang Bisa Bantu Tubuh Lebih Kuat Melawan COVID-19)

Selama hampir 2 tahun mempraktikkan metode Wim Hof Breathing, Tung Desem Waringin mengaku telah mendapat banyak manfaat kesehatan. Tubuhnya terasa jauh lebih prima dan fit, meski harus melakukan sejumlah aktivitas yang berat, termasuk melakukan perjalanan di negara-negara bersuhu dingin.

"Awal-awal agak semriwing semriwing gitu di atas kepala. Ternyata itu namanya banjir oksigen. Tapi yang jelas saya merasa feeling so good, bener-bener feeling good. Jauh lebih fit dan lebih segar," kata Tung Desem.

Tung Desem Waringin

(Foto : @tungdesemwaringin.tdw/Instagram)

Sampai pada akhirnya, Tung Desem didiagnosa positif virus corona pada tanggal 18 Maret lalu. Dia lagi-lagi mempraktikkan metode Wim Hof secara rutin. Hasilnya ternyata sangat luar biasa.

Bahkan, pihak dokter dan perawat yang menangani Tung Desem sampai kehabisan kata-kata saat memeriksa kondisinya.

"Kena corona tgl 18 Maret. Malamnya badan saya pegal linu, tetapi paginya segar lagi karena saya pakai metode Wim Hof. Saya juga tidak pernah batuk karena oksigennya masih tersuplai dengan baik," papar Tum.

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut dia menjelaskan, metode pernapasan Wim Hof sejatinya memang memaksimalkan oksigen memakai hyper ventilation. Artinya akan lebih banyak oksigen masuk yang telah disesuaikan dengan kadar karbondioksida.

Alhasil, selain tidak mengalami gejala batuk, Tung juga mampu mengontrol tubuhnya saat terkena serangan panik, kesulitan bernapas, hingga demam tinggi yang memaksanya mengenakan masker oksigen.

"Sempat dikasih masker oksigen karena demamnya luar biasa tinggi. Tetapi saya tetap melakukan pernapasan Wim Hof meski mengenakan masker oksigen. Ternyata, pada saat diambil analisa gas darah, melalui arteri saya, dokternya malah heran," ungkap Tung Desem.

Tung Desem Waringin

(Foto : @tungdesemwaringin.tdw/Instagram)

"Mereka bilang saya ini pengecualian dari pasien-pasien COVID-19 yang lain. Kebanyakan di antara mereka kadar oksigennya rendah. Padahal kadar normal oksigen itu antara 80-108. Sedangkan saya 158. Mereka tanya saya pakai apa? Saya mengaku menjalani teknik pernapasan Wim Hof," timpalnya.

(Baca Juga : Kenal Lebih Dekat dengan Wim Hof, Pencetus Teknik Pernapasan Wim Hof Breathing)

Setelah hampir satu bulan mendapat perawatan intensif di rumah sakit, pihak dokter rupanya masih enggan memberikan surat sehat kepada Tung Desem Waringin. Mereka menganggap kondisinya belum dalam kondisi normal.

"Saya bilang, tidak normalnya kondisi itu kan kalau pasien masih dinyatakan positif. Tapi mereka khawatir dan meminta saya membatasi penggunaan metode Wim Hof. Setelah beberapa hari, puji Tuhan kadarnya turun meski masih di atas normal yakni, 110," ujar Tung Desem.

"Intinya teknik pernapasan Wim Hof ini amat sangat membantu dan mempercepat penyembuhan saya. Karena kadar oksigen di tubuh saya tinggi, saya jadi lebih segar dan lebih sehat. Puji Tuhan metode ini benar-benar sangat membantu saya," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini