Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawa Leeds United Promosi ke Liga Inggris, Bielsa Disanjung Guardiola

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 620 2248717 bawa-leeds-united-promosi-ke-liga-inggris-bielsa-disanjung-guardiola-t5tgd70vuG.jpg Leeds United promosi ke Liga Inggris 2020-2021. (Foto: Istimewa)

LEEDS – Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, mendapat sanjungan dari juru taktik Manchester City, Josep Guardiola. Sanjungan itu diterima Bielsa setelah membawa Leeds untuk pertama kali dalam 16 tahun terakhir, merasakan manisnya atmosfer Liga Inggris.

Bielsa bisa dibilang guru dari sejumlah pelatih top dunia. Kesempatan menangani Tim Nasional Argentina dari 1998 hingga 2004, membuat Bielsa berkesempatan membesut sejumlah pemain yang kemudian tumbuh sebagai pelatih jempolan.

Marcelo Bielsa

(Bielsa bawa Leeds United promosi ke Liga Inggris 2020-2021)

Setidaknya ada dua anak asuh Bielsa yang kemudian tumbuh sebagai pelatih top, yakni Diego Simeone dan Mauricio Pochettino. Karena sempat ditangani Bielsa itulah, baik Pochettino dan Simeone memiliki ciri khas sebagai pelatih.

Mereka selalu meminta anak asuhnya untuk melakukan pressing di sepanjang pertandingan, seperti layaknya Bielsa. Karena itu, Bielsa selalu menempatkan latihan fisik di setiap latihan yang dijalani tim asuhannya tersebut.

“Yang terbaik mencapai Liga Inggris,” kata Guardiola memuji Bielsa, mengutip dari Sportskeeda, Minggu (19/7/2020).

Leeds memastikan lolos ke Liga Inggris ketika kompetisi masih menyisakan dua pekan. Saat ini setelah melalui 44 pertandingan, Leeds mengoleksi 87 angka, unggul lima poin dari West Bromwich Albion yang duduk di tempat kedua. Sebagai catatam The Baggies –julukan WBA– telah bermain 45 kali.

Kehadiran Bielsa juga semakin memadatkan deretan pelatih berkualitas di Liga Inggris. Saat ini, Liga Inggris sudah dipenuhi pelatih juara seperti Jurgen Klopp (Liverpool), Josep Guardiola (Manchester City) dan Jose Mourinho (Tottenham Hotspur).

BACA JUGA: 16 Tahun Menanti, Leeds United Akhirnya Kembali ke Liga Inggris pada Musim Depan

Belum lagi sosok pelatih-pelatih muda yang siap membawa tim asuhannya menjadi kampiun musim ini yakni, Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United), Frank Lampard (Chelsea), Mikel Arteta (Arsenal) dan Brendan Rodgers (Leicester City).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini