Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daging Kurban Mau Dimasak Rendang? Ini Dia Tipsnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 620 2254642 daging-kurban-mau-dimasak-rendang-ini-dia-tipsnya-0GTgxmG1Ir.jpg Ilustrasi. (Foto: Manilaspoon)

BUNDA, punya daging kurban berlimpah? Jangan bingung mengolahnya. Anda bisa membuat olahan rendang super lezat khas Tanah Minang.

Eits, tunggu dulu! Untuk mengolah daging kurban menjadi rendang yang empuk dan menggugah selera, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Tak perlu bingung, Pakar Kuliner Nusantara Sisca Soewitomo punya trik praktis memasak rendang.

Saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Kamis (30/7/2020), Sisca mengatakan, mengolah daging kurban jadi rendang sebetulnya tidak perlu terlalu lama. Apalagi sekarang sudah banyak alat masak yang canggih, sehingga dapat mengurangi durasi memasak rendang yang biasanya dilakukan hingga berjam-jam.

Daripada penasaran, yuk simak 4 tips memasak rendang ala Sisca Soewitomo.

Pilih daging yang bagus

rendang

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan daging. Jika pemilihan daging yang kurang tepat akan berpengaruh pada waktu memasak. Pilih daging sapi bertekstur lunak. Paling enak memakai bagian has dalam, tapi sebaiknya tidak memakai daging sapi bagian paha karena teksturnya keras.

Baca Juga: Resep Gulai Kambing Tanpa Bau Amis untuk Idul Adha, Dicoba Yuk

Siapkan bumbu

Setelah itu, siapkan bumbu-bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai, jahe, serta rempah-rempah daun. Semua bahan tersebut merupakan bumbu utama dalam membuat rendang. Kalau sudah dihaluskan tumis bumbunya sampai mengeluarkan aroma harum.

Perhatikan step memasukkan santan

santan

Kalau bumbu sudah matang dan aromanya harum, masukkan santan kental, aduk terus-menerus hingga mendidih. Setelah itu, masukkan daging dan masak hingga kering. Bisa juga disesuaikan dengan selera. Bila ingin tekstur rendang agak sedikit basah, tinggal dikurangi saja durasi pengolahannya.

Baca Juga: H-1 Idul Adha, Ini Resep Mengolah Sate Kambing Empuk dan Nikmat

Pergunakan alat masak yang tepat

Selain memasak dengan kuali di atas api kecil, ada cara lain untuk membuat rendang yang lezat dan empuk. Anda bisa memakai panci tekan atau panci presto. Dengan alat ini, uap rebusan tidak akan keluar sehingga daging akan lebih cepat empuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini