Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakal Latih Juventus, Pirlo Ternyata Fans Inter Milan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 620 2261008 bakal-latih-juventus-pirlo-ternyata-fans-inter-milan-iPghMNBf95.jpg Andrea Pirlo pernah membela Inter Milan, AC Milan, dan Juventus (Foto: Juventus)
A A A

TURIN – Antonio Conte sempat memicu kontroversi ketika ditunjuk sebagai Pelatih Inter Milan pada musim panas 2019. Sebab, ia sangat lekat dengan musuh bebuyutan Nerazzurri, Juventus. Ternyata, kondisi serupa ditemui Si Nyonya Tua. Sang pelatih anyar, Andrea Pirlo, adalah penggemar Inter Milan.

Seperti diketahui, Juventus menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih pada Sabtu 8 Agustus 2020 malam WIB. Ia menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat beberapa jam sebelumnya setelah gagal mengantarkan Bianconeri lolos dari babak 16 besar Liga Champions 2019-2020.

Tautan Andrea Pirlo dengan Juventus sesungguhnya dimulai sejak 2011. Ketika itu, pemain kelahiran Flero tersebut mengikat kontrak setelah dilepas AC Milan secara gratis. Ia bermukim di Stadion Allianz hingga 2015, kemudian pindah ke New York City.

Baca juga: Pirlo Sempat Tidak Tertarik Berkarier sebagai Pelatih

Andrea Pirlo pernah berseragam dan menjadi fans Inter Milan (Foto: The Sun)

Karier Andrea Pirlo sebagai pemain dimulai dari tim junior Brescia pada 1992-1995. Setelah itu, ia naik ke tim utama hingga direkrut Inter Milan pada 1998. Dalam buku autobiografinya, Penso Quindi Giocco, Pirlo mengaku sebagai penggemar La Beneamata saat kecil.

“Inter adalah tim favorit saya saat kecil, saat saya menjadi seorang ultra. Saya masih menjadi pendukung Inter saat bermain untuk Brescia,” ujar Andrea Pirlo dalam bab sembilan buku yang terbit pada 2013 tersebut.

Sayangnya, kecintaan pria yang lahir pada 19 Mei 1979 itu luntur justru ketika membela Inter Milan. Padahal, Andrea Pirlo sempat merasa jadi orang paling bahagia di dunia ketika Inter Milan merekrutnya dari Brescia pada 1998.

Follow Berita Okezone di Google News

“Saat itu saya adalah orang yang paling bahagia di dunia, yang bangga karena akhirnya bisa berkecimpung di dunia yang ada dalam poster-poster yang saya pajang. Saya, seorang lelaki yang kadang masih suka menonton pertandingan sepakbola dengan syal hitam-biru melingkar di leher,” terangnya.

Kecintaan tersebut luntur karena dirinya tidak rutin diturunkan oleh pelatih Inter Milan kala itu, Marco Tardelli. Andrea Pirlo akhirnya meninggalkan Inter Milan dan menyeberang ke AC Milan pada musim panas 2001. Kelak, bersama Rossoneri lah karier Pirlo melesat hingga dikenal sebagai maestro.

Andrea Pirlo tercatat membela AC Milan pada 2001-2011. Sepanjang 10 tahun itu, ia memenangi berbagai gelar, termasuk dua scudetto, dua Liga Champions, dan sekali Piala Dunia Antarklub. Setelah satu dekade bersama sisi merah Kota Milan, Pirlo lagi-lagi menyeberang ke klub papan atas Italia, Juventus.

Masa baktinya di Juventus sangat singkat, yakni hanya empat tahun. Namun, Juventus lah yang menjadi loncatan pertama kariernya sebagai pelatih. Ia akan mulai melatih Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan pada musim 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini