Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tempat Wisata Asyik di Banyuwangi The Sunrise of Java

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 620 2275007 4-tempat-wisata-asyik-di-banyuwangi-the-sunrise-of-java-MmZqwC1Euv.jpg Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur (Foto Instagram @kawahijenindonesia)

BANYUWANGI, Jawa Timur punya banyak destinasi wisata. Kabupaten paling timur Pulau Jawa ini dijuluki juga sebagai the sunrise of java, wilayah ini termasuk pertama merasakan cahaya matahari terbit atau sunrise di Pulau Jawa.

Banyuwangi cukup populer di kalangan wisatawan, karena selain memiliki keindahan alam memukau, daerah ini juga menjadi pintu penyeberangan ke Bali. Jadi banyak turis domestik maupun mancanegara berlayar ke Pulau Dewata melalui Banyuwangi.

Banyuwangi punya objek wisata darat, bawah laut, religi, budaya dan atraksi seni tradisi.

Baca juga: Berlibur ke Purwakarta? Jangan Lupa Cicipi 4 Makanan Ini

Mengutip dari laman Kemenparekraf, berikut 4 destinasi wisata pilihan di Banyuwangi yang bisa jadi referensi Okezoners untuk berkunjung.

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan kawah asam terbesar di dunia. Di sepanjang jalan menuju kawah, Okezoners akan disuguhi pemandangan lautan awan yang indah dan bonus blue fire atau api biru.

Kawah Ijen merupakan satu-satunya gunung berapi di Indonesia yang mengeluarkan lava pijar berwarna biru menyala. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya kadar sulfur atau belerang. Sangat unik bukan okezoners?

Kampung Wisata Kopi Gombengsari

Paket wisata kopi yang diprakarsai oleh kelompok tani maupun perorangan ini menawarkan edukasi kopi, melihat proses pembuatan, hingga mencicipi kopi lokal.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Edukasi di Malang, Apa Saja?

Okezoners bisa menikmati beragam jenis kopi lokal seperti Kopi Lego, Kahyangan, Gandrung dan lainnya. Bentuk wisata desa gombengsari yang bisa Okezoners lakuin antara lain tur kebun kopi, mengenal jenis-jenis kopi, petik kopi, memproses kopi secara tradisional (sangrai, menumbuk, menyeduh).

Selain itu, Okezoners juga mendapat pertunjukan kesenian masyarakat berupa musik patrol dan sepak bola api.

Bangsring Underwater

Lokasi diving dan snorkeling ini merupakan lokasi konservasi laut yang dibangun dengan rumah terapung. Selama diving, Okezoners bisa lanjut ke pulau tabuhan dan pulau menjangan.

Selain konservasi terumbu karang, Okezoners juga bisa bercengkrama dengan hiu jinak di kolam khusus yang disediakan. Cukup memacu adrenalin Okezoners nih.

Hutan De Djawatan

Hutan dengan akar pohon menjulur dengan lidahnya ini sering disebut-sebut masyarakat sekitar sebagai hutan Lord of The Rings loh Okezoners.

Di hutan ini juga terdapat pohon berjenis trembesi yang konon berumur 100 tahun loh. Buat Okezoners pencinta alam lokasi ini sangat cocok untuk menikmati alam terbuka sekaligus berfoto ria.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini