Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Bangunan Terunik di Dunia, Nomor 8 Ada di Indonesia

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 620 2278769 11-bangunan-terunik-di-dunia-nomor-8-ada-di-indonesia-CzMaYYUCHQ.jpg Perpustakaan Warak Kayu. (Foto: Kemenparekraf)
A A A

PESONA dan identitas yang unik sebuah bangunan bergantung pada arsitekturnya. Terdapat bangunan-bangunan yang sangat menarik dan mencolok di berbagai belahan dunia.

Dari China hingga London, terdapat bangunan unik nan megah yang bisa Anda kunjungi saat berlibur kesana. Bahkan bangunan indah itu masuk ke dalam nominasi Dezeen Awards, yang diikuti oleh 4.300 entri dari lebih dari 80 negara di tahun ini.

Dilansir Okezone dari Lonely Planet, berikut 10 pilihan bangunan unik dari berbagai belahan dunia yang bisa jadi rekomendasi saat berlibur. Apa saja ya?

1. Jiunvfeng Study on Mount Tai in China

 bangunan

Paviliun putih melengkung ini berlokasi di atas Desa Dongximen, di Shangdong, Cina, dengan pemandangan Gunung Tai yang menakjubkan, tempat ibadah suci selama ribuan tahun. Terlihat sebuah kedai kopi dengan meja dan kursi terletak di salah satu sisinya, sementara ruang belajar dengan susunan rak buku berada di sisi lain. Bangunan dengan dinding kaca melengkung yang luar biasa menciptakan platform tampilan raksasa bagi para tamu yang cukup beruntung untuk berkunjung.

2. Museum of Contemporary Art Helga de Alvear in Spain

Renovasi dan perluasan kantor pusat yayasan Helga de Alvear di Cáceres, Spanyol, direncanakan oleh praktik Spanyol Tuñón Arquitectos. Bangunan yang menawan sekarang ini memiliki ruang pameran sementara, perpustakaan dan ruang lokakarya yang bertempat di Casa Grande di mana pengunjung dapat berjalan-jalan di waktu luang mereka dan menemukan area yang terang dan lapang.

3. Boat Rooms on the Fuchun River in China

Pengunjung pondok perahu berbingkai kayu yang menawan di provinsi Zhejiang ini dapat duduk di dek yang luas dan menyaksikan lampu-lampu di atas air. Desainnya mengambil inspirasi dari tradisi lokal, dan lima kamar perahu terletak di kanopi pohon. Jendela besar di atap membiarkan cahaya masuk ke kamar hotel dan para tamu bahkan dapat melihat burung terbang di atas. Kamar perahu ini telah masuk dalam daftar panjang Dezeen Awards di bawah kategori Hospitality Building.

Baca Juga: Jelajahi Spot Cantik Wisata Gunung Semeru, Hamish Daud Betah

4. The Standard in England

Hotel penuh warna ini telah dibangun di dalam bekas Camden Town Hall Annexe of King's Cross, dan memiliki 266 kamar, 3 restoran, bar, dan bahkan studio rekaman. Atapnya menyuguhkan pemandangan daerah sekitarnya, sementara beberapa suite memiliki teras sendiri lengkap dengan pemandian luar ruangan. Salah satu fitur yang paling menarik perhatian dari luar adalah lift berwarna merah terang yang mengarah ke sisi the brutalist building.

 

5. Tanzhaus Zürich in Switzerland

Sebagai finalis dalam kategori Civic Building, Tanzhaus Zürich telah dirancang sebagai ruang publik baru yang menyegarkan daerah di sepanjang sungai Limmat. Di bawah label Tanzhaus young, lembaga ini menyelenggarakan pertunjukan tari untuk penonton muda dan menyelenggarakan kursus untuk anak-anak dan orang dewasa. Bangunan ini memiliki jendela segitiga yang unik dan ruang modern di dalamnya yang digunakan untuk berbagai kegiatan yang melayani masyarakat.

 

Follow Berita Okezone di Google News

6. Cycling Through Trees in Belgium

Jalur sepeda sepanjang 700 meter di Bosland ini membawa pengunjung ke jalan lingkar di sekitar hutan raksasa, dengan jalur yang juga terbuka dan dapat diakses oleh pejalan kaki dan pelari. Termasuk dalam Kategori Infrastruktur penghargaan 2020, proyek ini merupakan cara yang menarik perhatian dan menarik untuk mempromosikan kegiatan di luar ruangan.

7. Buhais Geology Museum in United Arab Emirates

Buhais Geology Park Interpretive Centre telah dibangun di bekas dasar laut di gurun 30 mil tenggara Sharjah, dengan bangunan yang menyerupai fosil landak laut. Memiliki ruang pameran, teater, kafe dengan pemandangan pegunungan yang mengesankan. Selain menikmati arsitektur yang menakjubkan, pengunjung juga dapat melihat fosil dari lebih dari 65 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Bangga! Bali dan Lombok Jadi Pulau Terbaik Dunia 2020

8. Microlibrary Warak Kayu in Indonesia

 perpustakaan

Selain indah dari luar, perpustakaan kecil dan pusat komunitas di Semarang, Indonesia ini memiliki lantai yang terbuat dari jaring dan ayunan komunal yang besar. Microlibrary Warak Kayu adalah ruang baca umum yang memiliki ruang untuk acara dan lokakarya. Bangunan ini dibuat dengan mempertimbangkan kesenangan dan pengunjung dapat bersantai di lantai yang terjaring dengan sebuah buku.

9. Mountain House in Mist in China

Mountain House in Mist dibangun di atas panggung dan memiliki ruang terbuka untuk membaca, belajar serta area bagi penduduk desa untuk bersantai dan minum teh. Para pencipta berharap bahwa bangunan ini akan menarik lebih banyak wisatawan serta kaum muda di daerah tersebut. Sisi-sisi bangunan yang buram membiarkan cahaya masuk di siang hari dan menerangi daerah sekitarnya saat senja.

10. Saint Hotel in Greece

Rumah-rumah bekas dan lumbung di Desa Odi, Santorini telah diubah menjadi hotel minimalis dan ramping ini. Kamar-kamar di Saint Hotel terbuka ke teras pribadi dan kolam renang, sementara properti miring ke tepi tebing. Dinding putih bersih terlihat di bangunan ini, dan para tamu bahkan bisa mendapatkan beberapa pemandangan laut yang menakjubkan.

 

11. Museum and Cultural Forum South Westphalia in Germany

Dirancang oleh Bez + Kock Architekten, museum dan pusat budaya ini memiliki struktur jembatan baru dengan bagian yang mengarah ke jendela panorama ketinggian penuh yang mengesankan yang memberikan pemandangan kota sekitarnya. Sebuah trotoar dan jalan setapak membentang di atas bukit di bawah jembatan ke teras di atap museum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini