Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Penyebab Baterai Smartphone Lama Terisi ketika Di-Charge

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 620 2291466 3-penyebab-baterai-smartphone-lama-terisi-ketika-di-charge-aYeHKx7i6b.jpg Ilustrasi pengisian daya baterai smartphone. (Foto: Phone Arena)
A A A

SALAH satu masalah yang terjadi pada smartphone adalah menurunnya kemampuan baterai. Misalnya lambat ketika di-charge. Dampaknya, pengisian daya baterai menjadi sangat lama, atau bahkan bisa mengganggu komponen lainnya dari ponsel pintar.

Lalu sebenarnya apa saja penyebab masalah baterai smartphone menjadi lambat ketika di-charge? Berikut ini tiga di antaranya, sebagaimana Okezone kutip dari Android Pit.

Baca juga: Ingin Baterai Ponsel Tidak Cepat Boros? Perhatikan 7 Hal IniĀ 

1. Kabel charger rusak

Penyebab paling mungkin adalah masalah dengan kabel USB untuk charge. Performanya kabel berkurang akibat beberapa kebiasaan buruk pengguna. Contohnya, menggulung dan meletakannya sembarangan. Kebisaan ini membuat kabel USB jadi bengkok, terpelintir, melilit, atau parahnya putus di dalam.

2. Masalah pada sumber daya

Sumber daya bisa jadi penyebab pengisian daya baterai smartphone lambat. Jika mengisi daya melalui laptop, maka otomatis smartphone akan mengisi data dengan sangat lambat. Namun, mengisi daya dari sumber listrik langsung juga mampu memengaruhi, tergantung kualitasnya. Misalnya menggunakan setopkontak di bangunan tua yang telah longgar atau rapuh.

Baca juga: Ini Cara Ketahui Notifikasi Pemakaian Kamera atau MikrofonĀ 

3. Kemampuan smartphone menurun

Smartphone itu sendiri juga dapat jadi penyebab pengisian daya ponsel sangat lambat. Hal ini dikarenakan ponsel telah digunakan bertahun-tahun lamanya.

Sebagaimana diketahui, saat ini kualitas prosesor pun semakin ditingkatkan dan mendukung pengisian cepat. Jadi, ponsel keluaran lama tampaknya sedikit tertinggal.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini