Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Langkah yang Mesti Dilakukan ketika Baru Beli Ponsel Android

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 620 2301060 7-langkah-yang-mesti-dilakukan-ketika-baru-beli-ponsel-android-JKINhuvzI6.jpg Ilustrasi smartphone Android. (Foto: Masakaze Kawakami/Unsplash)
A A A

PONSEL pintar atau smartphone kini menjadi perangkat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebab, segala aktivitas dan komunikasi dapat terbantu melalui alat tersebut.

Lalu ketika baru membeli ponsel, ada hal-hal yang mesti diperhatikan agar penggunaannya bisa lebih maksimal. Mulai spesifikasinya hingga konfigurasi sebelum digunakan.

Baca juga: Cegah Kerusakan, Ini Tips Mengamankan Ponsel saat Hujan 

Apa saja langkah penting yang wajib diperhatikan usai memiliki ponsel baru? Berikut ini rinciannya, sebagaimana dikutip dari Androidpit.

1. Pilih bahasa

Setelah menghidupkan telepon, Anda akan dihadapkan pada layar pembuka dan diminta memilih bahasa. Pilih bahasa yang diinginkan dari daftar dan ketuk panah untuk melanjutkan.

2. Masukkan kartu SIM dan PIN

Anda kemudian akan diminta memasukkan kartu SIM. Anda sebenarnya bisa melewati ini, tetapi jika benar-benar ingin menggunakan ponsel tersebut sebagai perangkat telekomunikasi utama, ini merupakan langkah penting.

Ilustrasi smartphone. (Foto: Oliur/Unsplash)

3. Sambungkan ke Wi-Fi

Jika Anda berada dalam jangkauan jaringan nirkabel, kini Anda dapat terhubung dengan Wi-Fi. Cukup pilih jaringan Anda dari daftar dan masukkan kata sandi jika diperlukan. Lalu ketuk "Hubungkan". Kami menyarankan menghubungkan ke Wi-Fi pada tahap ini sehingga Anda dapat mengunduh pembaruan dan aplikasi baru sesegera mungkin.

Baca juga: 21 Aplikasi Android Ini Berisi Adware Berbahaya, Segera Hindari 

4. Pengaturan dan login ke akun Google

Tahap berikutnya adalah mengatur atau masuk ke akun untuk menggunakan ponsel Anda dengan aplikasi dan layanan Google, seperti Gmail atau Play Store. Jika sudah memiliki akun Google, Anda bisa memasukkan detail itu. Kemudian Anda akan diminta menerima Ketentuan Layanan dan kebijakan Privasi Google. Bacalah (jika Anda mau) dengan mengetuk frasa yang disorot lalu tekan "Terima".

Jika Anda belum memiliki akun Google, tetapi ingin membuatnya, cukup ikuti langkah-langkah untuk memilih nama pengguna dan membuat kata sandi. Anda tidak perlu memiliki akun Google untuk menggunakan telepon, tetapi Anda akan memerlukannya untuk menggunakan semua fungsinya, termasuk menginstal aplikasi dari Play Store. Untuk mendapatkan yang terbaik dari ponsel Android baru Anda, Anda benar-benar harus memiliki akun Google.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Unduh aplikasi dari Google Play

Pengaturan awal ponsel telah selesai. Sekarang Anda bisa mengundung beberapa aplikasi yang diinginkan di Google Play atau Play Store. Play Store pastinya telah terpasang di ponsel Anda dan cobalah untuk mencari beberapa aplikasi yang Anda perlukan.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Nomor IMEI Ponsel Anda 

6. Instal perangkat lunak dan pembaruan Android

Ketika Android dihidupkan untuk pertama kalinya, mungkin tidak menjalankan versi terbaru dari perangkat lunak yang tersedia untuk model spesifik Anda. Misalnya, ponsel dapat keluar dengan Android Nougat dari pabrik, bahkan jika model itu memiliki pembaruan yang siap untuk Android Oreo, Anda harus mengunduhnya setelah pengaturan. Untuk memeriksa apakah pembaruan tersedia, cukup masuk ke pengaturan telepon.

7. Personalisasi ponsel

Jika Anda tidak menyukai gambar latar belakang bawaan yang ada di ponsel, bisa menggantinya dengan yang ada di pilihan. Cara untuk melakukan ini berubah tergantung pada pabrikannya, bisa lewat Display atau Wallpaper di menu pengaturan.

Baca juga: Cukup Arahkan Kamera Ponsel, Aplikasi Ini Bisa Ukur Tinggi Seseorang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini