Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Sebut DKI Jakarta Masuk Fase Peralihan ke Musim Hujan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 11 Oktober 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 620 2291907 bmkg-sebut-dki-jakarta-masuk-fase-peralihan-ke-musim-hujan-SNmQopORYV.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa saat ini DKI Jakarta sedang memasuki fase peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

Dengan adanya fakta itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab menyebut, wilayah Ibu Kota saat ini belum memasuki musim hujan.

"DKI saat ini sedang peralihan dari musim kemarau ke musim hujan," kata Fachri kepada Okezone, Jakarta, Minggu (11/10/2020).

BMKG meprediksi bahwa musim penghujan di DKI Jakarta akan mulai pada kisaran bulan Oktober dan November tahun ini.

"Musim hujan DKI diperkirakan akan mulai pada akhir Oktojer hingga pertengahan November," ujar Fachri.

Meskipun begitu, Fachri menyebut ada beberapa wilayah di Indonesia yang sudah memasuki musim hujan. Namun, ia perlu memastikan kembali data yang ada terkait daerah mana saja yang sudah memasuki fase penghujan.

"Belum semua wilayah memasuki musim hujan," ucap Fachri.

Baca Juga : 1.333 Warga Mengungsi Akibat Banjir Jakarta

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menyiapkan beberapa antisipasi kepada masyarakat menjelang masuknya musim penghujan di Indonesia.

Fachri mengungkapkan, warga harus bisa mencegah atau mendeteksi dini bencana-bencana alam yang bisa terjadi ketika musim hujan tiba.

"Antisipasi yang perlu dilakukan pastikan lingkungan kita siap untuk menerima dan mengalirkan air hujan yang turun," kata Fachri.

Bencana alam yang terkadang terjadi di saat musim hujan tiba antara lain adalah banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan tanah longsor.

Menurut Fachri, Pemerintah dan masyarakat harus bisa bahu membahu mengantisipasi dan bersiap apabila hal itu terjadi sewaktu-waktu.

"Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi di musim penghujan, antara lain banjir, banjir bandang, puting beliung dan tanah longsor," ujar Fachri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini