Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dahsyatnya Puting Beliung di Bekasi, Mobil Terdorong dan Ratusan Rumah Hancur

Wisnu Yusep, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 620 2298806 dahsyatnya-puting-beliung-di-bekasi-mobil-terdorong-dan-ratusan-rumah-hancur-761yRZr9Sx.jpg Kondisi rumah warga di Bekasi usai diterjang puting beliung (Foto: Okezone/Wisnu)

BEKASI – Angin puting beliung pada Jumat 23 Oktober mengamuk di dua Desa dan satu Kelurahan se-Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Akibatnya ratusan rumah rusak.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Selain merusak ratusan rumah warga, sejumlah jongko dan gerobak para pedagang pun hancur tersapu pusaran angin, yang terjadi sangat singkat itu.

Bahkan hingga membuat beberapa sepeda motor yang terparkir terguling. Salah satu warga Jalan Teratai Blok A2 nomor 19, Kelurahan Bahagia, Babelan Abdul (37) angin puting beliung itu terlihat memutar-mutar.

Kejadian itu dia saksikan setelah melaksanakan Shalat Jumat. "Jadi angin kenceng banget, muter gitu. (Angin) datangnya dari atas, itu sampah-sampah pada terbang," kata dia kepada Okezone, Sabtu (24/10/2020).

Angin puting beliung itu, kata Abdul, dilihatnya semakin membesar sehingga membuat warga dan dirinya berlarian. Warga banyak yang histeris ketika kejadian.

"Takutnya kenapa-kenapa, panik, mikirnya udah jelek. Pada takbir gitu, takut," ucap Abdul.

Peristiwa ini pun sempat terekam video amatir yang beredar di media sosial. Dalam video itu, terlihat angin menggulung dan menyapu sebuah komplek ruko di Babelan.

Beberapa pedagang juga terlihat tengah berusaha mempertahankan roda dagangannya agar tidak tersapu. Mereka menahan roda dari tiupan angin kencang namun upaya itu tidak berhasil, roda dagangan hancur tersapu angin.

Belum lagi beberapa sepeda motor yang diparkir berbaris di depan ruko, terguling. Bahkan, sebuah mobil pun turut terdorong tiupan angin.

Kemudian terlihat juga atap rumah warga terpasapu hingga roboh ke bawah. Sementara di bagian rumah lainnya juga terlihat tembok rumah hampir roboh. Mayoritas, atap rumah warga itu hilang tersapu angin.

Catatan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, puting beliung menerjang dua desa dan satu kelurahan di Kecamatan Babelan dengan kerugian terparah terjadi di Desa Babelan Kota yang membuat ratusan rumah rusak berat maupun ringan.

Setidakmya peristiwa yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB itu ratusan rumah di 4 RT mengalami kerusakan mulai ringan hingga berat.

Berdasarkan data yang dihimpun, puting beliung menerjang dua rumah di RT 01, 67 rumah di RT 05, tujuh rumah di RT 11, serta 33 rumah di RT 12.

"Dari 109 rumah yang rusak itu, 10 rumah diantaranya mengalami rusak parah dengan kondisi sangat memprihatinkan," ujar Camat Bekasi Utara Jalalulai.

Pihaknya akan melakukan pendataan kepada pemilik rumah agar segera mendapatkan bantuan.

"Kami koordinasi dengan Dinsos maupun Tagana, ada 10 rumah yang rusak berat yang akan diberikan bantuan. Kita lihat kerusakannya, nanti kami verifikasi ulang, ada rusak ringan, sedang dan berat, sesuai kajian cepat oleh BNPB," katanya.

Sementara itu, rumah warga yang mayoritas mengalami kerusakan pada atapnya diberikan bantuan berupa terpal. BPBD Kota Bekasi juga akan mendirikan tenda yang letaknya agak berjauhan dengan lokasi rumah warga yang mengalami kerusakan berat untuk menghindari bangunan yang roboh tersebut.

Sementara yang mengalami rusak berat akibat tersapu angin puting beliung, satu warga dikabarkan mengalami luka ringan. "Selain rumah, ada mobil yang kacanya pecah karena terkena pohon tumbang. Korban hanya satu orang, luka ringan," katanya.

Menurut dia, rumah yang mengalami rusak berat sebagian karena atapnya terbawa angin, sedangkan kendaraan mobil pribadi diparkir di bawah pohon.

"Itu ada orang yang juga nahan mobil, tapi enggak kuat. Pada minggir," kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini