Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Bertemu Donald Trump di Gedung Putih, Cek 5 Faktanya

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 620 2313686 menko-luhut-bertemu-donald-trump-di-gedung-putih-cek-5-faktanya-HghUETQkNI.jpg Menko Luhut dan Donald Trump (Foto: Kemenko Marves)
A A A

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sedang melakukan kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS). Dirinya pun melakukan pertemuan dengan orang nomor satu AS, Donald Trump.

Dari foto-foto Kemenko Maritim, Rabu (18/11/2020), Menko Luhut didampingi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi. Keduanya diterima Presiden Trump langsung di White House Washington DC.

Ada sejumlah fakta menarik dari pertemuan Menko Luhut dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Berikut faktanya yang dirangkum Okezone, Minggu (22/11/2020):

 Baca juga: RI-Amerika Teken Pendanaan Infrastruktur-Perdagangan Rp10,5 Triliun

1. Bahas Kerjasama RI-AS

Pemerintah Indonesia menyambangi Amerika Serikat. Salah satunya membahas akan kerjasama Indonesia-AS.

Dalam kunjungan tersebut, perwakilan Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Adapun perbincangan terkait kerjasama Indonesia dengan AS, termasuk secara khusus untuk pemberian fasilitas GSP oleh USTR kepada Indonesia.

 Baca juga: Foto Menko Luhut Saat Bertemu Donald Trump, Tersemat Sebuah Kotak Biru

2. Menko Luhut Didampingi Dubes RI untuk AS

Menko Luhut didampingi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi. Keduanya diterima Presiden Trump langsung di White House Washington DC.

Turut mendampingi Donald Trump, Penasehatnya Jared Kushner dan Ivanka Trump serta CEO US IDFC Adam Boehler.

Mengenakan jas hitam dan dasi berwarna merah, Luhut nampak berbincang santai dengan Trump. Keduanya pun melontarkan senyum saat melakukan diskusi.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Luhut Ucapkan Terima Kasih kepada Trump

Sebagai wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi), Luhut pun menyampaikan salam Kepala Negara kepada Trump. Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas segara dukungan Presiden Donald Trump terhadap kerjasama RI dan Amerika Serikat selama ini.

Usai pertemuan tersebut, Luhut mengatakan bahwa Presiden Trump juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo atas kerjasama selama ini dan menyampaikan penilaian positif atas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara selama ini.

4. Luhut Berharap Komunikasi Tetap Baik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo bersama Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi diterima oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump di White House Washington DC pada Hari Selasa 17 November 2020. Dalam pertemuan itu Presiden AS didampingi oleh Penasehatnya Jared Kushner dan Ivanka Trump serta CEO US IDFC Adam Boehler.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Menko Luhut menyampaikan salam, terima kasih dan penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas dukungan Presiden Donald Trump terhadap kerjasama RI dan Amerika Serikat selama ini. Termasuk secara khusus untuk pemberian fasilitas GSP oleh USTR kepada Indonesia.

“Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," ujarnya

5. Menko Luhut Bertemu Pejabat Penting AS Lainnya

Selain bertemu dengan Presiden Donald Trump, Menko Luhut juga diterima oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di kantornya. Pence menawarkan kerjasama produksi vaksin bersama antara Perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia.

Sementara itu pada pertemuan terpisah, dengan National Security Advisor (NSA) Robert O’ Brien, Menko Luhut melakukan pembahasan kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat di bidang pertahanan dan teknologi, serta bertukar pandangan mengenai geopolitik global.

Menko Luhut menyambut positif berbagai pertemuan tersebut dan berharap kerja sama yang baik dengan Amerika Serikat bisa terus ditingkatkan di masa administrasi Pemerintahan Amerika Serikat yang akan datang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini