Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CDC: Wisatawan Internasional Wajib 3 Kali Tes Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 620 2315842 cdc-wisatawan-internasional-wajib-3-kali-tes-covid-19-rYBdBFtoDO.jpg Ilustrasi (Foto : Nypost)
A A A

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperbarui panduan terkait dengan perjalanan internasional. Dalam keterangannya, CDC menyarankan agar masyarakat Amerika melakukan pengetesan Covid-19 sebanyak 3 kali.

Waktu pengetesan 3 kali tersebut ialah sebelum perjalanan internasional, selama di negara tujuan, dan setelah perjalanan. Pengetesan ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus yang lebih luas di masyarakat.

"Perjalanan udara membutuhkan waktu yang lama saat di bandara, ini memungkinkan Anda melakukan kontak dekat dengan orang lain dan permukaan yang sering disentuh," kata CDC.

Jarak sosial sulit diterapkan di bandara yang sibuk dan pada penerbangan yang ramai, begitu juga dengan duduk berjarak 2 meter dengan orang lain. Kondisi tersebut memungkinkan peningkatan risiko terpapar Covid-19.

Tes Swab

Tidak hanya itu, bagaimana Anda menuju bandara pun sudah menjadi lokasi berisiko terpapar Covid-19, terlebih Anda menggunakan transportasi umum atau kendaraan online. "Itu semua dapat meningkatkan peluang Anda terpapar Covid-19," kata CDC.

Baca Juga : CDC Rekomendasikan Durasi Karantina Covid-19 Cukup 7 Hari

Sekarang, CDC mendesak pelancong internasional untuk dites Covid-19 satu hingga tiga hari sebelum pergi, satu hingga tiga hari sebelum kembali ke Amerika Serikat, dan tiga hingga lima hari setelah kembali ke rumah.

"Orang-orang yang pernah ke luar negeri juga tinggal di rumah (karantina) setidaknya selama tujuh hari setelah perjalanan, terlepas dari hasil tes akhir mereka," kata CDC.

Follow Berita Okezone di Google News

Bahkan, jika hasil tes Anda negatif, tetap harus melakukan karantina di rumah selama 7 hari. Jika Anda tidak dites, paling aman adalah tinggal di rumah selama 14 hari setelah bepergian.

Selama menunggu hasil tes Covid-19, CDC pun mengimbau agar Anda tetap di rumah saja selama hasil belum keluar. Terlepas dari itu, CDC menekankan bahwa tes negatif Covid-19 tidak kemudian membuat Anda bebas atau kebal Covid-19.

Tes Swab

"Tes negatif tidak berarti Anda tidak terpapar atau Anda tidak akan mengembangkan Covid-19," tegas CDC.

Selama berwisata, pastikan menggunakan masker, jaga jarak setidaknya 2 meter dari orang lain, cuci tangan dengan sabun, dan perhatikan kesehatan Anda. Tips lainnya, sambung CDC, ialah selalu sediakan bawa hasil tes Covid-19 Anda karena mungkin Anda diminta untuk menunjukkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini