Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahli: Vaksin Covid-19 Diyakini Mampu Mengatasi Virus Jenis Baru

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 620 2335508 ahli-vaksin-covid-19-diyakini-mampu-mengatasi-virus-jenis-baru-yzfCS1O79f.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

VAKSIN covid-19 diyakini mampu mengatasi virus corona jenis baru. Ini seperti Vaksin Moderna dan Pfizer yang dinilai bisa melakukannya. Hal tersebut pun jadi harapan baru untuk menaggulangi varian baru covid-19 yang dilaporkan menyebar di berbagai negara.

"Vaksin-vaksin ini (Moderna dan Pfizer) luar biasa. Besarnya respons kekebalan tubuh yang dihasilkan vaksin tersebut jauh lebih baik dibandingkan vaksin flu standar," kata ahli penyakit menular Stanford, Dr Catherine Blish MD PdD, seperti dikutip dari ABC7News, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Pasien Diabetes Tidak Boleh Divaksin Covid-19, Benarkah? 

Meski begitu, sambung Blish, informasi terbaru mengenai covid-19 jenis baru tetap harus jadi perhatian utama para peneliti. Tapi yang perlu diketahui masyarakat, suatu virus bermutasi itu hal yang wajar karena begitulah sifatnya. "Itu bagian dari evolusi alami mereka," katanya.

Sementara pakar kesehatan di Inggris mengatakan belum ada bukti yang menjelaskan kalau covid-19 jenis baru ini memiliki keunggulan selektif dibandingkan vaksin yang sekarang diedarkan.

Baca juga: 15 Daftar Penderita Penyakit yang Belum dan Tidak Layak Divaksin Covid-19 

Peneliti UCSF, Nevan Krogan PhD, menjelaskan bahwa covid-19 generasi pertama yang ditemukan pada akhir Desember 2019 dapat membantu menemukan penyebaran virus di dalam sel. Namun, kekhawatiran tentang kemampuan mutasi untuk memengaruhi vaksin baru perlu dilakukan penelitian lebih banyak lagi.

"Sepertinya mutasi virus tidak berpengaruh pada vaksin yang sudah dibuat berdasar dari virus pertama yang ditemukan," kata Krogan, "Tapi ketika antibodi mulai berkurang dalam tubuh setelah disuntik vaksin, mutasi virus tersebut akan menghasilkan lebih banyak kerentanan ketika tingkat antibodi lemah."

Di sisi lain, beberapa ahli percaya bahwa vaksin di masa depan akan lebih disesuaikan dengan kemungkinan terjadinya mutasi pada suatu virus. Hal ini tak sulit dilakukan bagi Moderna maupun Pfizer yang membuat vaksin dengan menggunakan teknologi RNA.

"Moderna mengumumkan akan melakukan studi lebih lanjut mengenai covid-19 jenis baru yang ditemukan di Inggris dalam beberapa minggu ke depan, selagi berharap vaksin yang sudah dikembangkan memberi efek yang sama baik dengan covid-19 generasi pertama," lapor perusahaan farmasi itu.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Sudah Ada tapi Belum Digunakan, Ini Penjelasannya 

Vaksin covid-19

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini