Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Legenda Belanda Kasihan dengan Nasib Van de Beek di Man United

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 620 2362817 legenda-belanda-kasihan-dengan-nasib-van-de-beek-di-man-united-R5t8Kwpxlc.jpg Donny van de Beek (Foto: Twitter/@ManUtd)

AMSTERDAM – Legenda sepakbola Belanda, Marco van Basten, prihatin dengan nasib juniornya Donny van de Beek di Manchester United. Menurut Van Basten, Van de Beek melakukan kesalahan dengan bergabung ke Man United pada bursa transfer musim panas 2020 silam.

Van de Beek datang ke Old Trafford setelah Man United membayar 40 juta poundsterling (sekira Rp774 miliar) pada Ajax Amsterdam. Van de Beek pun diperkirakan menjadi pemain penting di lini tengah Man United pada musim 2020-2021.

Donny van de Beek (Foto: Twitter/@ManUtd)

Namun, prediksi itu tidak menjadi kenyataan. Van de Beek justru kesulitan untuk menembus tim utama Man United-nya Ole Gunnar Solksjaer. Van de Beek bermain 26 kali untuk Man United pada musim ini dengan sumbangan satu gol dan satu assist. Akan tetapi, pemain asal Belanda itu lebih sering bermain dari bangku cadangan.

BACA JUGA: Jesse Lingard Tak Punya Tempat di Man United

Van Basten menilai Van de Beek seharusnya pindah ke klub lain. Dia khawatir karier Van de Beek terganggu karena tidak mendapatkan waktu bermain regular di The Red Devils –julukan Man United.

BACA JUGA: Klasemen Liga Inggris: Man City Masih di Puncak, Liverpool Terlempar dari Lima Besar

"Situasinya sungguh buruk bagi seorang pemuda untuk hanya bermain enam-tujuh kali dalam satu tahun terakhir," kata Van Basten kepada Ziggo Sport, Selasa (16/2/2021).

"Ini bisa merusak ritme bermain! Anda memang bisa mendapatkan banyak penghasilan, tapi Anda juga harus melihat apakah Anda bisa bermain (secara regular),” tuturnya.

"Apakah ini tentang kontrak lima tahun yang disepakatinya? Anda seharusnya tidak pindah ke Manchester United, tunggu sampai ada klub lain yang datang," ujar legenda AC Milan itu.

Donny van de Beek (Foto: Twitter/@ManUtd)

"Anda harus bermain sepakbola setiap pekan. Klub yang tak mampu menyediakan hal itu, akan berdampak buruk untuk karier Anda,” ucapnya.

Van de Beek kesulitan untuk beradaptasi dengan budaya sepakbola Inggris dan gaya main Man United-nya Solskjaer. Agar mendapatkan kepercayaan dari Solskjaer, Van de Beek harus segera beradaptasi. Jika tidak mampu melakukannya, Van de Beek layak disebut pembelian gagal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini